Manfaat Sehat dari Daun Mangga

Anda pasti sudah tidak asing dengan Manfaat buah mangga. Ya, buahnya yang sudah matang pastilah rasanya manis dan harumnya legit. Selain enak, buah tropis ini juga kaya akan banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung nutrisi yang tinggi. Tapi, apakah Anda tahu kalau daun mangga juga memiliki manfaat yang tidak kalah baiknya dengan buahnya? Lau apa Khasiat dan Manfaat daun Mangga?Dibalik teksturnya yang kasar, ternyata daun mangga juga tak kalah dengan buahnya.

Manfaat Daun mangga juga mengandung vitamin dan berkhasiat obat. Apakah Anda juga sadar akan manfaat yang besar ini? Jika belum, berikut manfaat daun mangga bagi kesehatan.
Sebelumnya Anda harus mengetahui kandungan apa saja yang ada dalam daun mangga. Daun mangga yang masih muda kemerahan atau keunguan dan masih terasa lembut, kemudian akan berubah warna menjadi hijau gelap dengan bagian bawah pucat ketika sudah tua.

Daun buah ini kaya akan vitamin C , vitamin B dan vitamin A. Selain itu, juga kaya akan berbagai nutrisi lainnya. Daun mangga juga memiliki sifat antioksidan kuat karena mengandung flavonoid tinggi dan fenol.

Manfaat Daun Mangga Untuk Obat

Manfaat Daun Mangga


1. Daun Mangga Mengobati diabetes

Daun tender pohon mangga mengandung zat tanin atau yang disebut dengan anthocyanidins yang bermanfaat membantu mengobati gejala awal diabetes. Daun mangga kering (simplisia) atau sudah dalam bentuk bubuk digunakan sebagai infus untuk pengobatan ini.  Daun Mangga yang dibuat sebagai teh juga sangat baik untuk tujuan ini. Caranya hanya dengan merendam daun mangga ke dalam secangkir air selama satu malam. Kemudian esoknya saring dan diminum untuk membantu meringankan gejala diabetes. Dapat membantu mengobati gula darah tinggi atau Hiperglikemia, karena daun buah tropis ini mengandung senyawa yang disebut tarakserol – 3beta, dan etil asetat yang bersinergi dengan insulin untuk mengaktifkan GLUT4 dan merangsang sintesis glikogen.

2. Daun Mangga Menurunkan tekanan darah

Daun mangga juga bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah, karena daun mangga memiliki sifat hipotensi atau menurunkan tekanan darah. Hal ini juga dapat membantu memperkuat pembuluh darah dan meringankan varises.

3. Menghilangkan perasaan gelisah

Anda sering gelisah? Untuk Anda yang sering gelisah karena kecemasan, daun mangga bisa menjadi obat rumah yang baik. Tambahkan 2 sampai 3 gelas teh daun mangga ke dalam air bak mandi untuk membantu mengobati masalah kegelisahan dan menyegarkan tubuh.

4. Memecah batu empedu dan Batu Ginjal

Daun mangga membantu pengobatan batu ginjal dan batu empedu. Caranya dengan ambil bubuk daun mangga yang dikeringkan dalam tempat teduh, kemudian giling sampai halus, kemudian tambahkan ke dalam satu gelas air, dan simpan selama satu malam. Hal ini akan membantu memecahkan batu dan mengeluarkannya.

5. Mengatasi masalah Pernapasan

Daun mangga sangat baik untuk semua jenis masalah pernapasan. Hal ini terutama berguna untuk orang yang menderita demam, bronkitis, dan asma. Anda hanya perlu mendidihkan daun mangga dalam air, lalu minum dengan sedikit madu bisa membantu menyembuhkan batuk secara efektif. Hal ini juga membantu untuk menyembuhkan serak atau suara hilang.

6. Menyembuhkan Disentri

Daun mangga dapat membantu mengobati perdarahan akibat disentri. Daun mangga kering yang dikeringkan di tempat teduh, buat menjadi bubuk halus, kemudian diminum bersama dengan air dua sampai tiga kali sehari untuk menghentikan disentri.

7. Nyeri Telinga

Anda bisa menggunakan daun mangga sebagai obat alami untuk nyeri telinga. Caranya, satu sendok teh sari daun mangga yang digunakan sebagai obat tetes telinga bisa membantu meringankan sakit telinga. Hangatkan sedikit sebelum digunakan.

8. Menyembuhkan Luka bakar

Daun mangga juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit,  bakar segenggam daun mangga hingga menjadi abu. Ratakan abu ini pada daerah yang mengalami luka bakar. Hal ini akan sangat membantu.

9. Menghentikan Cegukan Dan Masalah Tenggorokan

Apabila Anda menderita cegukan atau masalah tenggorokan lain, daun mangga adalah obat alami yang baik. Bakar daun mangga dan hirup sedikit asapnya. Hal ini membantu  menyembuhkan cegukan dan masalah tenggorokan.

10. Membilas perut

Anda hanya perlu menambahkan beberapa daun mangga ke dalam air hangat, lalu tutup rapat, dan biarkan selama satu malam. Pada pagi harinya, saring air dan minum saat perut masih kosong. Asupan ini secara rutin akan bekerja sebagai tonik untuk perut yang baik dan membantu mencegah berbagai macam penyakit perut.

Lihat Juga Manfaat Sayur Pare

Jika buah mangga bisa Anda dapatkan ketika musimnya tiba, daun mangga tentunya lebih mudah didapatkan karena akan terus tumbuh. Rahasia pengobatan sehat dari daun mangga ini bisa Anda aplikasikan kapanpun untuk keseharian Anda. Selamat mencoba!

Manfaat Sehat dari Daun Mangga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.