Beberapa Manfaat dari Jamur Tiram

Apa saja Manfaat Jamur Tiram? Tiram adalah salah satu makanan laut. Dan, seperti yang Anda ketahui bahwa makanan laut kandungan utamanya adalah protein dan memang diakui sebagai sumber gizi yang baik. Sebagai makanan laut, tiram atau oyster menawarkan sejuta kelezatan bagi pecintanya, selain karena memiliki rasa yang unik. Rumah makan yang menyajikan seafood khususnya, tidak akan pernah meninggalkan sajian jenis kerang yang satu ini. Selain itu, Jamur tiram juga menjanjikan banyak nutrisi penting bagi kesehatan. Tiram mengandung beragam mineral penting seperti zinc, zat besi, kalsium, kalium, namun rendah lemak dan kalori.

Banyak yang meyakini bahwa tiram terutama bermanfaat bagi kesuburan, mencegah anemia, menambah kepadatan tulang, dll. Apa saja manfaat jamur tiram untuk kesehatan?

Manfaat Jamur Tiram

Manfaat Jamur Tiram


1. Meningkatkan kesuburan pada wanita

Tahukah Anda bahwa oyster atau tiram benar-benar bisa meningkatkan kesuburan, terutama pada wanita. Hal ini dikarenakan tiram mengandung mineral yang sangat tinggi yang disebut dengan mineral zinc atau seng, kandungan tersebut berperan penting untuk ovulasi yang sehat dan memproduksi sel telur (ovum) yang normal. Sehingga, tiram bisa sangat membantu reproduksi Anda.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan makanan sedikit nutrisi yang sehat adalah faktor utama menurunnya kekebalan tubuh terutama pada anak-anak. Tiram adalah salah satu makanan yang sarat dengan berbagai nutrisi, dan juga membantu dalam meningkatkan fungsi sitem kekebalan tubuh. Sebagai sumber protein yang tinggi dan rendah kadar lemak, makanan laut ini baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

3. Baik bagi kesehatan jantung

Tiram menawarkan berbagai macam nutrisi yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan kesehatan jantung, seperti omega 3, kalium, magnesium, dan vitamin E . Asam lemak omega 3 berperan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, vitamin E untuk melindungi selaput lendir dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga akan menurunkan resiko dan mencegah penyakit kardiovaskular. Sedangkan kalium dan magnesium membantu menurunkan tekanan darah. Dengan demikian, tiram bermanfaat untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

4. Membantu menurunkan berat badan

Diet rendah kalori dan tinggi protein adalah cara sehat untuk mengurangi berat badan, dan tiram adalah salah satu makanan yang bisa Anda masukkan dalam daftar menu diet Anda. Seafood ini tidak hanya bisa memenuhi selera Anda, tetapi juga membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

5. Membangun tulang yang kuat

Tiram merupakan makanan dengan sumber kalsium yang sangat baik. Mineral ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan kepadatan tulang, sehingga akan membangun tulang yang kuat. Mengkonsumsi tiram tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan kalsium bagi tubuh, tetapi juga membantu melindungi persendian dari masalah peradangan, sehingga mencegah arthritis.

6. Mencegah Anemia

Tiram juga mengandung zat besi dalam jumlah yang cukup baik yang diperlukan tubuh untuk memproduksi hemoglobin yang berperan mengangkut oksigen ke seluruh sel-sel tubuh. Dan, untuk Anda ketahui bahwa kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum anemia, dan hal tersebut dapat dicegah dengan mengkonsumsi tiram.

7. Pertumbuhan dan perkembangan janin yang optiaml

Asupan asam lemak omega 3 terutama DHA (docosahexaenoic acid), yang juga ditemukan di tiram bermanfaat meningkatkan kesehatan bayi terutama selama masa perkembangan saat masih janin. Ibu hamil serta menyusui yang mengkonsumsi tiram akan meningkatkan fungsi kognitif serta pengembangan bayi dan janin mereka.

Lihat Juga Manfaat Teh Oolong

Meskipun tiram mengandung nutisi yang sangat baik dan sehat, namun tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini karena tingkat polusi diperairan laut yang tinggi, membuat tiram bisa mengandung logam berat yang merugikan kesehatan. Terutama bagi ibu hamil atau menyusui, pastikan khasiat jamur tiram yang dikonsumsi adalah berasal dari perairan laut yang rendah polusi.

Beberapa Manfaat dari Jamur Tiram Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.