Nutrisi yang Baik untuk Kehamilan Trimester Pertama

Kehamilan adalah masa-masa paling bahagia sekaligus paling berhati-hati memilah ini-itu. Trimester pertama adalah masa-masa ketika kandungan masih lemah sehingga harus dijaga dengan baik. Apa saja nutrisi trimester pertama kehamilan? Bagi ibu hamil trimester pertama, makanan adalah salah satu hal yang berpengaruh. Makanan bernutrisi sangatlah berpengaruh pada perkembangan janin dan kondisi tubuh sang ibu, selain itu perubahan hormon ibu hamil saat 3 bulan pertama berpengaruh pada stamina ibu hamil, seperti menjadi mudah lelah dan kurang bertenaga.

Kehamilan Trimester Pertama


Kehamilan trimester pertama adalah masa penting kehamilan, terutama pada 8 minggu pertama kehamilan, karena di sini mulai terbentuk cikal bakal organ-organ janin, yang berlanjut pada pembentukan cikal bakal seluruh sistem tubuh. Hingga di akhir trimester pertama ini, rangka tubuh janin secara keseluruhan sudah selesai dan lengkap terbentuk, begitu pun semua organ tubuh mulai bekerja meski belum sempurna.

Maka, ibu hamil harus memperhatikan makanan yang ia makan di masa-masa awal kehamilan. Karena selain menambah stamina dan menjaga daya tahan tubuh, ibu hamil dengan makanan yang tepat juga dapat menyehatkan janin yang masih dalam proses pertumbuhan. Jangan terlalu percaya dengan Mitos-mitos kehamilan yang kurang jelas dasarnya.

Nutrisi yang Baik untuk Kehamilan Trimester Pertama


Makanan yang paling disarankan adalah makanan yang kaya akan asam folat, vitamin, protein dan mineral.

kehamilan trimester pertama

Berikut adalah makanan yang baik dikonsumsi ketika trimester pertama kehamilan :

1. Sayuran
 Disarankan perbanyak makan sayuran di saat saat anda hamil karena sayuran sangat baik untuk perkembangan janin dan juga menambah stamina ibu hamil.
Sayuran yang disarankan adalah seperti bayam karena mengandung zat besi yang tinggi dan sangat dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin di dalam tubuh ibu hamil, dan juga sayur sayuran dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

2. Buah Buahan
Buah buahan adalah salah satu nutrisi yang tak kalah penting untuk ibu hamil di trimester pertama, buah buahan sangat baik untuk menambah stamina ibu hamil dan untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan, salah satu buah yang baik untuk ibu hamil adalah pisang dan apel.
Buah pisang kaya akan asam folat dan sangat baik untuk perkembangan sel-sel otak bayi di dalam kandungan, mengkonsumsi pisang bisa sebagai cemilan atau sebagai makanan penutup.

3. Sea Food
Seafood adalah salah satu makanan bergizi tinggi yang sangat baik untuk janin, janin dalam pertumbuhan membutuhkan nutrisi yang sangat banyak seperti protein, vitamin A, dan omega 3, seluruhnya terdapat pada sea food seperti udang, ikan, cumi-cumi ataupun lobster yang sangat baik untuk pertumbuhan otak calon bayi Anda.

4. Susu dan Produk Olahannya
Susu dan produk olahannya adalah asupan wajib bagi ibu hamil yang tidak bisa ditoleransi lagi, selain itu perlu sebagai tambahan nutrisi yaitu mengkonsumsi produk olahan susu seperti yoghurt, keju dan sejenisnya. Karena asupan seperti susu dan produk olahannya memiliki nutrisi yang tinggi seperti protein yang baik untuk pertumbuhan otot dan sel-sel calon bayi Anda.

5. Kacang-Kacangan dan Sereal
Sereal merupakan salah satu makanan yang dibutuhkan oleh ibu hamil karena mengandung Vitamin B dan kalsium yang dibutuhkan janin dan meningkatkan kondisi tubuh ibu hamil, selain itu sereal juga makanan yang mengandung banyak serat dan sangat baik untuk tubuh.
Dan juga kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan kacang hijau, makanan ini juga harus sering dikonsumsi ibu hamil karena memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi seperti Vitamin B dan asam folat.
 Ketika hamil trimester pertama, apalagi pada kehamilan pertama, ibu hamil biasanya kaget karena merasa butuh asupan dua kali lipat dari biasanya, ditambah lagi morning sick yang cukup mengganggu.
Disarankan agar sering mengkonsumsi camilan yang sehat seperti biskuit dan buah-buahan. Jika mual terjadi di pagi hari, jangan langsung turun dari tempat tidur, redakan rasa mual dengan makan camilan dan duduk tenang di atas tempat tidur.

Lihat Juga  Cara Menghitung Usia Kehamilan

Jaga pola makan dan asupan makanan Anda selama masa kehamilan. salam.

Nutrisi yang Baik untuk Kehamilan Trimester Pertama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.