Mengatasi Sembelit dengan Cara Alami

Bagaimana Cara Mengatasi Sembelit? Hampir semua orang pasti pernah mengalami sembelit. Sebenarnya apa, sih, sembelit? Sembelit adalah gerakan usus yang tidak teratur atau tidak nyaman. Gerakan usus mungkin kecil, keras atau kering. Individu yang mengalami sembelit akan kesulitan untuk buang air besar. Masalah sembelit timbul akibat berbagai faktor. Antara lain, makanan yang dimakan tidak dicerna dengan baik, kurang makan buah, sayur dan kurang minum air. Ada beberapa Makanan yang bsai menyebabkan sembelit, dan juga sebaliknya makanan yang mengatasi sembelit

Jika masalah ini dibiarkan, dampak yang lebih buruk mungkin akan dihadapi oleh Anda adalah seperti buang air berdarah atau lebih dikenal dengan wasir. Maka, atasi sembelit dengan 9 makanan ini

 Cara Mengatasi Sembelit


 Cara Mengatasi Sembelit

Beberapa Makanan yang menyembuhkan Sembelit


1. Pepaya
Buah pepaya yang manis kaya dengan vitamin C dan memiliki kandungan serat yang tinggi. Buah ini sesuai dimakan untuk melemaskan perut bagi orang yang memiliki masalah sembelit. Perbanyaklah serat dalam diet harian bagi Anda yang mengalami sembelit.

2. Pisang
Pisang memiliki begitu banyak khasiat untuk kesehatan. Makan buah pisang setiap hari dapat membantu menyelesaikan masalah sembelit. Pisang tidak hanya bisa dimakan begitu saja malah bisa dijadikan hidangan bersama teh sore dengan cara digoreng atau direbus.

3. Cincau
Cincau memiliki serat yang tinggi dan rendah kalori terpercaya mampu meredakan panas di dalam tubuh, demam, perut kembung, sembelit dan diare. Selain itu cincau juga mampu membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen yang menjadi penyebab penyakit kanker.

4. Mentimun
Timun kaya dengan kandungan mineral. Ia juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi & Vitamin C. Masalah sembelit bisa diatasi dengan makan mentimun setiap hari.

5. Kucai
 Daun kucai mengandung vitamin B dan C, karoten dan komponen belerang yang berfungsi sebagai antiseptik untuk membunuh bakteri dalam usus dan menjadi perangsang dalam proses kontraksi dan ekspansi usus. Selain melancarkan darah sekaligus mencegah terjadinya pembekuan darah, kucai juga dapat mengobati penyakit-penyakit seperti kram menstruasi, penyakit keputihan, darah tinggi dan sembelit.

6. Stroberi
 Buah berwarna merah ini tidak hanya cantik dan enak dimakan. Bahkan, ia efektif dalam mengatasi masalah sembelit di samping bertindak sebagai astringen untuk meredakan demam dan juga membersihkan gigi. Stroberi juga kaya dengan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit.

7. Temulawak
 Sembelit juga bisa diatasi dengan menggunakan batang dan rimpang (umbi) muda temulawak atau tanaman yang dikenal dengan nama latin Curcuma Xanthorriza. Caranya mudah, cukup anda bersihkan  dan rebus rimpang temulawak, setelah mendidih, saring dan tuangkan dalam gelas. Minum selagi hangat. Anda bisa meminumnya sehari dua sampai tiga kali.Bisa juga diminum meskipun tidak mengalami masalah sembelit sebagai langkah pencegahan. Selain sembelit, juga diakui dapat mengatasi masalah tinja berdarah.

8. Ciku
 Individu yang mengalami masalah sembelit juga bisa makan buah ciku yang dihancurkan atau ditumbuk. Bisa diminum dengan air hangat yang diberi sediit garam sebelum sarapan di pagi hari.

9. Wortel
 Wortel atau nama latinnya Daucus carota L dapat membantu menyembuhkan sembelit, mengobati sakit ketika buang air kecil, meningkatkan aliran saat menstruasi dan menjaga kulit agar senantiasa sehat. Cara terbaik menikmati manfaat wortel adalah dengan memakannya secara mentah. Jika Anda kurang suka rasanya ketika mentah, bias direbus beberapa menit sampai agak lunak.


Baca Juga  Cara Menjaga Kesehatan Mata


Penggunaan obat pencahar secara terus-menerus untuk mengatasi sembelit sangat tidak dianjurkan. Selain membuat Anda menjadi tergantung dengan obat tersebut, efek yang terjadi dalam tubuh juga tidak baik. Sebab, usus tidak dirangsang untuk bekerja sendiri. Atasi sembelit dengan 9 makanan di atas, ditambah perbanyaklah minum air putih, 8 gelas sehari.

Mengatasi Sembelit dengan Cara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.