Cara Mengobati Wasir dengan Alami

Bagaimana cara Mengobati wasir? Wasir atau Ambeien merupakan suatu penyakit yang terjadi di bagian anus, dimana bibir anus mengalami pembengkakan yang disertai perdarahan. Pada penderita wasir umumnya mengalami kesulitan untuk duduk dan buang air besar karena anus terasa sakit terutama di bagian bibir anus atau sphinchter anus yang mendapat tekanan keras. Baiknya jangan menganggap remeh penyakit wasir yang Anda derita karena akan membuat Anda sangat lama oleh wasir yang terlambat untuk ditanggulangi dengan baik.

Jenis-Jenis Wasir


Wasir atau ambeien ada dua macam, yaitu wasir dalam dan wasir luar.
  •     Wasir dalam ditandai dengan adanya pembuluh darah pada anus yang tertutup oleh selaput lendir basah. Gejala wasir dalam adalah ada darah yang keluar dari anus saat BAB / buang air besar. Jika kondisi bertambah parah, akan keluar daging menonjol yang terus membesar hingga sebesar bola tenis sehingga Anda harus segera mengambil tindakan operasi untuk membuang wasir tersebut
  •     Wasir luar merupakan varises yang terletak di bawah otot dan pada umumnya berhubungan erat dengan kulit. Wasir ini terlihat seperti tonjolan bengkak berwarna kebiruan pada pinggir anus disertai rasa sakit dan gatal.
mengobati wasir


  Cara Mengobati Wasir


1. Penghilang rasa sakit
Anda dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit dan anti-inflamasi untuk mengurangi rasa sakit atau peradangan. Direkomendasikan jenis – jenis tablet oral, krim oles atau supositoria anus. Pemberian gel lidah buaya atau (aloe vera) pada area dubur juga ampuh membantu mengurangi peradangan.

Alternatif lainnya adalah Anda bisa memakai obat alami menggunakan daun ungu (Graptophyllum pictum) untuk melawan wasir. Daun ungu merupakan tanaman yang berasal dari New Guinea dan Polinesia. Kandungan saponin, alkaloid, glikosida dan zat lain yang banyak terkandung pada selembar daun ungu bisa digunakan sebagai media menghambat peradangan wasir dan membantu memperlancar proses pencernaan yang membuat tinja lunak. Efek antiinflamasi saponin cukup kuat untuk mengatasi wasir menjadi membesar dan semakin parah.

2. Membersihkan area dubur
Bersihkan area dubur dengan hati – hati dan telaten setiap selesai buang air besar. Jangan menggunakan sabun karena dapat meningkatkan iritasi. Anda dapat menggunakan tisu bayi yang lembut guna mengeringkan daerah sekitar wasir.

3. Mengurangi rasa sakit
Anda dapar mengurangi rasa nyeri dengan duduk dalam air hangat tiga atau empat kali sehari selama 10 hingga 15 menit. Anda juga bisa memakai kantung es atau kompres dingin pada daerah dubur selama kurang lebih sepuluh menit, tiga atau empat kali dalam sehari untuk mengurangi terjadinya pembengkakan pembuluh darah.

4. Mencegah sembelit
Cegah atau kurangi sembelit. Pilihlah makanan tinggi serat seperti sayuran, buah – buahan dan biji – bijian serta perbanyak minum. Hindari mengkonsumsi teh dan kopi untuk sementara waktu sampai wasir Anda benar – benar sehat. Feses yang keras dapat memperparah wasir, maka ada baiknya apabila Anda banyak mengkonsumsi makanan berserat agar buang air besar Anda lancar dengan feses yang lunak, sehingga tidak menyiksa anus. Anda bisa membaca cara mengatasi Sembelit.

Lihat Juga Meninggikan Badan Alami

Cara mengobati wasir di atas merupakan cara alami dan juga sebagai pertolongan pertama untuk penderita wasir. Anda mungkin perlu mengkonsumsi obat – obat dokter untuk jenis wasir yang sudah sangat menganggu aktivitas keseharian Anda, hanya saja perlu diingat bahwa obat-obatan kimia mungkin saja memiliki efek samping apabila dikonsumsi secara terus – menerus dalam jangka waktu panjang.

Cara Mengobati Wasir dengan Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.