Perawatan Sehat dan Cantik dengan Jeruk Nipis

Siapa yang tidak kenal dengan jeruk nipis? Buah kecil berkulit hijau ini banyak dicari untuk berbagai macam pengobatan dan perawatan. Manfaat si kecil kecut ini ternyata cukup banyak. Tidak hanya itu, jeruk nipis juga bukan bahan yang sulit untuk didapatkan, Anda bisa menemukannya di swalayan atau di pasar tradisional. Manfaat jeruk nipis yang ternyat  di dapur Anda  tidak hanya untuk minuman namun untuk berbagai perawatan dan pengobatan sehat cantik menggunakan jeruk nipis.

Berikut adalah beberapa cara Mengobati penyakit dengan Jeruk Nipis yang sangat baik untuk kesehatan & Kecantikan.  Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool, juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Kandungan buahnya yang masak adalah synephrine dan N-methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C.

Cara Mengatasi sakit dengan alami

Berikut Pengobatan Perawatan Sehat Cantik dengan Jeruk Nipis

1. Mengatasi Ambeien

Diperlukan kurang lebih 10 gram akar pohon jeruk nipis yang dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, setelah disaring airnya diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

2. Mengatasi Amandel
Kupas jeruk nipis tiga buah, kulit tiga jeruk nipis itu dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur. Lakukan 3-4 kali sehari.

3. Mengobati Anyang-anyangan
Dua buah jeruk nipis dicuci bersih, diperas lalu diberi gula batu secukupnya sebagai pemanis dan 1 gelas air panas. Aduk selagi hangat, minum sekaligus sehari sekali.

4. Mengobati Batuk
Satu buah jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk kemudian disaring. Minum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis tersebut ditambah sepotong gula batu sebagai pemanis lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.

5.Batuk disertai Flu
Potong satu buah jeruk nipis, pilih yang agak matang dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan kurang lebih 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum 2 kali sehari 2 sendok makan.

6. Mengatasi Bau Badan
Cara 1:
Jeruk nipis dipotong menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Oleskan ke ketiak setelah mandi. Biarkan selama 5 menit lalu dibilas, lalukanlah setiap pagi dan sore.
Cara 2:
Kurang lebih 10 helai daun muda jeruk nipis ditumbuk sampai halus, dilumatkan, gulung kecil-kecil seperti pil, dimakan 3 kali sehari.

7. Mengobati Batu Ginjal
Dua buah jeruk nipis diperas kemudian diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan setiap hari selama 10 hari.

8. Mengobati Difteri
Dua buah jeruk nipis dicuci, diperas airnya. Seduh dengan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu. Gunakan air itu untuk berkumur selama dua menit saat masih hangat, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.

9.Demam atau Flu
Cara 1:
Satu buah jeruk nipis dicuci lalu diperas, ditambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita.
Cara 2:
Satu buah jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum sekaligus.

10. Mengatasi Haid Tidak Teratur
Tiga sendok makan air perasan jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari.

11.Sehabis Melahirkan
Satu sendok makan kapur sirih ditambah dengan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 butir perasan jeruk nipis, diaduk sampai rata, balurkan pada perut. Lakukan selama 3 bulan setiap hari sehabis mandi, agar perut terhindar dari keriput, tetap halus dan kempis seperti sediakala. Anda juga bisa membaca Tips Agar tidak gemuk setelah melahirkan.

12. Mengobati Jerawat
Satu buah jeruk nipis diiris kemudian digosokkan pada kulit wajah secara merata. Awalnya memang agak perih karena jeruk nipis masuk ke dalam pori, namun cara ini efektif untuk mengusir jerawat.

13. Mencegah Rambut Rontok atau Berketombe
Dua buah jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk selama satu malam, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.

14.Melebatkan Rambut
Satu butir telur ayam kampung diambil bagian kuningnya saja kemudian dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis sampai rata. Gosokkan pada kulit kepala, pijit sampai merata, biarkan selama 2 jam kemudian dibilas dengan sampo merang agar rambut menjadi mengkilap dan lebat. Sampo merang dibuat dari 1 ikat merang, dibakar sampai menjadi arang, bukan abu, rendam dalam air dan biarkan semalaman. Saring, dan sampo merang siap untuk dipakai keramas.

15.Menghentikan Kebiasaan Merokok
Iris 1 jeruk nipis, isap lalu minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari.

16.Vertigo
Setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan 2 kali sehari.

17. Mengobati Radang Tenggorokan
Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramuan ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.

18. Lendir di Tenggorokan
Potong 2 buah jeruk nipis, peras airnya. Kemudian tambahkan sedikit garam, lalu aduk sampai rata. Ramuan ini dapat diminum ketika perut kosong.

19. Kurap atau Panu
Cuci 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L.) sampai bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk rata. Balurkan pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu, lalu balut dengan kain perban. Ganti balutan 2 kali sehari sampai sembuh.

20. Demam/Panas Saat Malaria
Ambil 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal (Cordia obliqua Willd.) (Blumea balsamifera L.) , dan 5 lembar daun prasman (Eupatorium triplinerve Vahl.). Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringan tersebut dibagi dua, diminum ketika pagi dan sore.

21. Terkilir
Pilih tiga Buah jeruk nipis masak dan banyak airnya kemudian dibelah menjadi dua. Masukkan dalam poci lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian ditutup. Setelah dingin, ambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini dipakai untuk mengurut bagian yang cedera. Setelah itu minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.

22. Pegal Linu
Cuci daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, dan daun sambiloto (masing-masing 1/3 genggam), 10 lembar daun sirih, 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit, lalu tumbuk semuanya sampai halus. Rendam ramuan tersebut dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Air perasannya dapat digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

23. Mengobati Sakit Gigi

Campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan 4-6 kali sehari.

24. Melangsingkan Badan
Air perasan satu buah jeruk nipis ditambahkan ke dalam cangkir air teh hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari.

25. Menambah Stamina
Satu butir telur ayam kampung diambil bagian kuningnya saja, kemudian air perasan 1 buah jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Aduk keduanya sampai rata, lalu minum. Lakukan sekali dalam seminggu.

26. Tekanan Darah Tinggi
Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum dengan ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari

27. Menyamarkan noda hitam
Jika kulit wajah Anda menampakkan pigmen yang lebih gelap pada beberapa titik, gosok lembut bagian yang menghitam dengan perasan jeruk nipis setiap hari sampai warnanya merata seperti yang lainnya.

28. Mencerahkan kuku kuning
Agar kuku Anda tidak terlihat kekuningan, celup dan rendam kuku jari Anda ke dalam campuran air dan perasa jeruk nipis agar warnanya menjadi lebih cerah.

Ada jeruk nipis di dapur Anda? Segera gunakan sebagai Perawatan kecantikan dengan Jeruk Nipis.

Perawatan Sehat dan Cantik dengan Jeruk Nipis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.