Beberapa Masalah Kulit yang Dialami Bayi dan Balita

Bgai ibu muda, waspadai terhadap kondisi buah hati. banyak yang belum memahami bagaimana merawat si buah hati. Salah satunya bagaimana agar bayi tidak mudah terkena penyakit kulit. Kulit bayi dan balita sangat rentan terhadap virus yang menyebabkan masalah kulit dan biasanya bisa menyebabkan infeksi dan iritasi.

Penyebab adanya penyakit kulit banyak macamnya tergantung pada kondisi kekebalan tubuh dari balita atau bayi. Bagi sang ibu, usahakan untuk mengerti dan memahami kondisi yang paling umum mengenai masalah kulit bayi dan balita. Berikut adalah beberapa masalah kulit yang paling sering terjadi pada anak dan bayi, diantaranya:

Masalah Kulit yang Sering Terjadi pada Bayi dan Balita


Penyakit Kulit yang Sering Terjadi pada Bayi dan Balita


1. Cacar air
Walaupun bayi sudah  diberi vaksin cacar air, penyakit ini adalah salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh anak. Selain sangat menular, cacar dapat menyebar dengan mudah dan meninggalkan bintik merah yang gatal atau lecet di seluruh tubuh. Cacar air dapat menyebabkan komplikasi serius seperti pneumonia, kerusakan otak, atau kematian. Orang yang telah menderita cacar air terkena herpes zoster di kemudian hari. Vaksin cacar air dianjurkan untuk semua anak muda, remaja, dan orang dewasa yang pernah menderita cacar air.

2. Kadas atau kurap
Kadas atau kurap yang dialami bayi tidak seperti orang dewasa. Biasanya berbentuk kecil-kecil yang awalnya biasanya dianggap sebagai alergi. Tetapi bila dibiarkan bisa menjadi kadas. Ini merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur yang hidup pada kulit mati, rambut, dan jaringan kuku. Kurap bisa menular melalui kontak kulit dengan orang atau hewan dan dengan berbagi barang seperti handuk atau peralatan olahraga. Infeksi kurap dapat diobati dengan krim anti jamur.

3. Biang keringat
Berbentuk bintik-bintik merah yang muncul pada permukaan kulit dan terjadi karena adanya penyumbatan saluran keringat. Sekilas seperti jerawat kecil berwarna merah atau merah muda. Bintik-bintik merah ini sering ditemukan pada kepala bayi, leher, dan bahu. Hal ini sering disebabkan karena cuaca sangat panas.

4. Penyakit Tangan-Kaki-Mulut (Coxsackie)
Penyakit ini dimulai dengan demam dan luka mulut yang menyakitkan. Kemudian anak mengalami gatal-gatal dan lecet pada tangan, kaki, dan kadang-kadang pantat. Penyakit ini dapat menyebar melalui batuk, bersin, dan popok. Anda harus sering mencuci tangan ketika berhadapan dengan coxsackie. Perawatan di rumah bisa menggunakan ibuprofen atau asetaminofen. Ingat! tidak disarankan memberikan aspirin pada balita.

 Baca Juga Cara Mengatasi Rambut Rontok

Demikian beberapa masalah kulit yang sering dialami Bayi dan balita. Tak hanya balita, untuk anak-anak juga masih rentan terhadap masalah penyakit diatas. Bagi seorang ibu, diharapkan untuk memberikan perhatian yang lebih agar tetap sehat. Salam sehat.

Beberapa Masalah Kulit yang Dialami Bayi dan Balita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Revie Hapsari

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.