Cara Mudah Atasi sakit Maag (Asam Lambung Tinggi)

Bagaimana cara Mengobati Sakit Maag? Anda punya masalah dengan lambung? Sebagian besar orang baik muda ataupun tua pasti pernah mengalami perih di lambung. Lambung adalah salah satu organ dalam tubuh manusia yang membantu proses ekskresi. Lambung mengeluarkan asam yang penting dan dibutuhkan untuk membantu mencerna makanan selama proses pencernaan. Ketika kelenjar lambung mengeluarkan asam ini secara berlebih, maka akan menimbulkan kondisi yang disebut dengan asam lambung tinggi atau dispepsia.

Sakit Maag Gejala yang timbul biasanya dimulai dari rasa mulas yang disertai rasa panas pada belakang dada, hingga bisa berkembang menjadi maag. Efek lain yang disebabkan oleh asam lambung tinggi yaitu mulai dari gigi cepat rusak, hilang selera makan, hingga mempengaruhi paru-paru dan menyebabkan sesak nafas. Hal ini dikarenakan kelebihan asam lambung bisa naik ke kerongkongan hingga mulut, bahkan masuk ke paru-paru. Penyebab sekeresi asam lambung berlebih bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, termasuk minuman beralkohol, makanan yang terlalu pedas, konsumsi obat-obatan anti inflamasi, dan stres.

Simak Cara Mengatasi Sakit Maag berikut

Cara Mengatasi Sakit Maag

Cara Mengatasi Sakit Maag



Makanan untuk mencegah Asam Lambung tinggi yang menyebabkan sakit Maag
  •     Daun wortel dan daun seledri bisa membantu mengendalikan sekeresi asam lambung berlebih. Selain itu, seledri juga mengandung magnesium dan juga zat besi. Sayuran seperti wortel dan umbi-umbian juga baik untuk menurunkan produksi asam lambung.
  •     Rempah bumbu seperti jintan hitam, ketumbar dan kapulaga juga bisa digunakan untuk membantu mengobati asam lambung tinggi.
  •     Susu dingin juga bisa membantu mengurangi asam lambung Anda. Kacang Almond juga merupakan obat yang baik untuk menghilangkan sakit maag dan mengurangi produksi asam lambung.
  •     daun mint juga bisa digunakan, caranya adalah; beberapa lembar daun mint, potong-potong lalu rebus dengan secangkir air dan minum secara perlahan setelah makan.
  •     Pisang juga bisa membantu mencegah gejala asam lambung tinggi. Daun basil atau kemangi juga bisa membantu meredakan gejala seperti perut terasa panas, mual, dan gas.
  •     Makan mentimun atau buah semangka juga berguna untuk mengatasi keasaman lambung karena keduanya merupakan astringen untuk lambung.
  •     Anda disarankan untuk minum 10-12 gelas air setiap hari, karena Air secara langsung meredakan gejala seperti gas dan keasaman lambung. Minumlah 1-2 gelas air hangat setiap pagi untuk mengurangi sekresi asam lambung.
  •     Makan-makanan yang beraneka ragam, seperti buah-buahan, sayuran, sereal gandum, serta yang mengandung protein seperti daging tanpa lemak, dan telur.
  •     Rempah seperti jahe sangat baik untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan. Buatlah campuran yang terdiri dari bubuk jahe, lada hitam, daun mint kering, biji adas, biji ketumbar, jintan, dan garam yang dihaluskan. Kemudian masukkan kurang lebih 1 sendok teh bubuk ini dengan segelas air hangat, dan minum sebanyak dua kali sehari setelah makan.


Kegiatan
  1.     Apabila Anda sering stres, maka Anda perlu untuk menenangkan diri. Melakukan yoga atau kegiatan yang bisa mengurangi stres lainnya akan sangat efektif untuk mengurangi produksi asam lambung.
  2.     Jika Anda merasakan gejala asam lambung, usahakan tubuh Anda tetap tegak. Jangan dibiasakan berbaring atau tidur seusai makan.
  3.     Gunakan pakaian yang longgar, lepas ikat pinggang Anda, lepas stocking, atau melepaskan setiap hal lain yang ketat yang menekan perut, hal ini bisa membuat Anda rileks.


Hal yang harus Anda hindari
  •     Pertama jelas Anda harus menghindari makanan pedas seperti cabai dan saus barbekyu yang dibuat dengan cabai atau makanan pedas lain yang rasa pedasnya menyengat.
  •     Buah yang asam-asam juga perlu dihindari, seperti jeruk atau mangga mentah yang asam karena buah-buahan tersbeut mengandung asam yang tinggi.
  •     Produk susu kaya lemak seperti krim asam, keju atau es krim, serta makanan yang mengandung lemak seperti hamburger atau daging dengan lemak, keju, margarin, gorengan. Kopi, teh, coklat. Selain itu, minuman ringan bersoda juga harus dihindari. Minuman berkarbonasi, rokok, alkohol, teh dan kopi harus dihindari karena merangsang perut untuk memproduksi asam lambung berlebih (dispepsia) dan mengiritasi.
  •     Kacang polong, buncis, brokoli, tomat, bawang, dan kubis juga harus dihindari.
  •     Salad sayuran yang mentah seperti bawang, lobak, kubis, dan paprika.
  •     Makanan yang mengandung pengawet juga harus dihindari karena bisa mengiritasi kerongkongan dan menyebabkan asam lambung naik (dispepsia).

Lihat Juga Cara Mengatasi Sembelit secara Alami

Naiknya asam lambung (dispepsia) bukanlah hal sepele karena dapat memicu maag dan sakit lambung lainnya. Yang paling utama adalah Anda menghindari diri Anda dari stress, banyaklah beristirahat dan usahakan tidur tepat waktu. Itulah makanan dan cara mengatasi dispepsia (asam lambung tinggi).

Cara Mudah Atasi sakit Maag (Asam Lambung Tinggi) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iruka Danishwara

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.