Khasiat dan Manfaat Sehat Buah Nanas

Apa Manfaat Buah Nanas? Nanas adalah buah yang mengandung banyak air dan memiliki rasa lezat dan menyegarkan. Tidak hanya itu, buah yang berwarna kuning cerah ini juga banyak menyediakan vitamin, mineral, antioksidan, dan enzim yang bersifat mempromosikan pencernaan, meredakan asam lambung, mengurangi peradangan, dan membantu memecah protein hewani.

Buah nanas sangat mudah ditemukan di pasaran, bahkan tersedia sepanjang tahun. Harganya yang sangat terjangkau, sekaligus menjadi pilihan buah terbaik terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah tropis. Walaupun buah ini banyak khasiat dan manfaatnya, namun Anda perlu berhati-hati bagi wanita yang sedang hamil. Khasiat Buah nanas mengandung bromelian, yang menjadikannya sebagai salah satu buah yang tidak boleh dimakan Ibu Hamil.

Khasiat dan Manfaat Buah Nanas


manfaat buah nanas

Khasiat Nanas Mengandung tinggi Vitamin dan mineral

  •     Nanas mengandung vitamin A yang tinggi dan manfaat beta-karoten, bermanfaat untuk melindungi mata dari degenerasi makula, mencegah kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.
  •     Sarat dengan vitamin C, flavonoid, dan antioksidan, penting untuk membangun sistem kekebalan tubuh, menghancurkan radikal bebas, melawan pilek, flu dan virus, menjaga gusi sehat, dan melindungi terhadap penyakit periodontal dan kanker mulut. Mendukung sintesis kolagen, dan menjaga kesehatan pembuluh darah.
  •     Mengandung Vitamin B1 (Thiamin) untuk mengubah karbohidrat menjadi energi, memperkuat otot, dan meningkatkan fungsi sistem saraf yang tepat.
  •     Mengandung Fosfor yang bermanfaat mempromosikan tulang dan gigi yang kuat, menghentikan perkembangan osteoporosis.
  •     Mengandung Kalium untuk mengatur tekanan darah dan mendukung fungsi ginjal.
  •     Mangan, yaitu mineral penting tidak bisa dibuat oleh tubuh juga ditemukan dalam buah nanas . Mangan mendukung perkembangan dan fungsi tulang, mempercepat penyembuhan luka, mendukung kesehatan kulit, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menstabilkan gula darah untuk mencegah diabetes dan gangguan metabolisme.

Manfaat Nanas Mengandung Enzim

Nanas mengandung enzim khusus yang disebut dengan Bromelain yang memiliki sifat-sifat anti-inflamasi, bahkan memiliki khasiat yang tak kalah dengan obat-obatan ampuh seperti NSAID dan steroid, terutama jika bromelain dikombinasikan dengan rempah-rempah seperti kunyit (kurkumin). Bromelain berkhasiat mengurangi nyeri sendi akibat asam urat/gout dan sebagian besar jenis arthritis, mengurangi sakit tenggorokan, menghentikan perkembangan tumor baru dan menyusutkan kanker, mengurangi pembengkakan pasca operasi, menghilangkan asam lambung naik, dan enzim pelengkap untuk mempromosikan dan mempercepat proses pencernaan dan motilitas usus.

Khasiat Nanas

  •     Mengatur kelenjar tiroid dan mengurangi resiko gondok
  •     Mengurangi pembengkakan tenggorokan akibat bronkitis dan asma
  •     Menurunkan tekanan darah.
  •     Mengeluarkan parasit dari hati dan usus
  •     Meredakan sembelit
  •     Mencegah mual
  •     Rendah kalori untuk menurunkan berat badan
  •     Mengandung pektin tinggi yang membantu mengeluarkan logam berat dan racun dalam tubuh
  •     Mengandung agen Anti pembekuan darah

Lihat Juga Manfaat Buah Durian

Sekarang Anda tidak perlu ragu lagi untuk makan buah nanas ini, karena khasiat buah nanas sehat yang diberikan buah ini sangatlah banyak. Walau ada beberapa orang yang alergi pada nanas, bisa disiasati dengan cara merendam nanas di air garam selama beberapa saat sebelum dimakan. Dan, hindari makan nanas jika Anda sedang dalam masa kehamilan.

Khasiat dan Manfaat Sehat Buah Nanas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.