Beberapa Makanan yang Harus Dihindari Saat Haid

Setiap bulan, wanita pasti mengalami siklus menstruasi. Apakah Anda sering mengalami nyeri ketika datang bulan? Walaupun sudah menjadi jadwal bulanan, namun tidak sedikit wanita yang masih merasa kurang nyaman apabila sedang datang bulan. Setiap wanita memiliki keluhan yang berbeda-beda, namun yang paling sering dikeluhkan ketika datang bulan adalah perubahan mood yang tidak menentu, nyeri payudara, nyeri pinggang dan kram perut.

Hal-hal seperti ini membuat waktu haid penuh dengan rasa tidak nyaman. Banyak yang mengatasinya dengan meminum obat haid untuk meredakan nyeri datang bulan yang banyak dijual di pasaran. Ada juga yang memakai cara tradisional untuk mengurangi nyeri seperti minum air hangat. Namun, apakah Anda tahu jika ternyata makanan yang Anda konsumsi selama periode datang bulan bisa berkontribusi untuk menambah rasa nyeri tersebut?

Makanan yang Harus Dihindari Saat  Haid

makanan-yang-harus-dihindari-saat haid

1. Makanan manis

Selama datang bulang terjadi perubahan hormon dalam tubuh yang membuat kadar gula dalam darah menjadi tidak stabil. Dan sayangnya, wanita pasti suka sekali dengan makanan manis, seperti kue, cup cake, donat, permen, dan sebagainya. Namun ternyata makanan yang mengandung gula dapat meningkatkan fluktuasi gula darah sehingga menyebabkan perubahan suasana hati dan menyebabkan kram. Selain itu sering mengonsumsi makanan olahan dan kaya gula juga akan menyebabkan ketidakseimbangan sistem kekebalan tubuh dan bisa menyebabkan kelelahan.

2. Makanan dan minuman berkafein

Makanan dan minuman yang mengandung kafein ternyata dapat memperburuk gejala depresi, cemas dan nyeri payudara saat datang bulan. Kafein biasanya terdapat di cokelat, teh, kopi, minuman ringan dan minuman berenergi. Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik saat datang bulan, lebih baik konsumsi air putih saja.

3. Makanan tinggi lemak

Menurut Physicians Committee for Responsible Medicine, makanan tinggi lemak memiliki pengaruh kuat terhadap aktivitas hormon dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan tinggi lemak dapat memperparah gejala saat datang bulan seperti nyeri payudara dan kembung. Oleh karena itu, hindari makan daging sapi, sosis, burger dan produk susu tinggi lemak. Lebih baik banyaklah konsumsi buah segar dan sayur – sayuran.

4. Makanan olahan

Makanan olahan seperti makanan kaleng, sosis, nugget dan sebagainya mengandung banyak garam yang jika dikonsumsi secara berlebihan maka bisa menimbulkan kembung dan perasaan berat pada tubuh. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menjaga asupan garam secara wajar dengan menghindari makanan olahan yang mengandung natrium.


Lihat Juga mengatasi Nyeri Haid Secara Alami

Meskipun sudah menjadi jadwal rutin, namun keluhan ketika datang bulan adalah hal yang wajar dikarenakan banyak yang terjadi dalam tubuh ketika sedang datang bulan. Anda dapat mengantisipasinya dengan menghindari jenis makanan yang dihindari saat haid di atas sebelum tanggal Anda datang bulan dan selama menstruasi. Jangan lupa perbanyaklah minum air putih untuk menghindari dehidrasi.

Beberapa Makanan yang Harus Dihindari Saat Haid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.