Manfaat Buah Alpukat Untuk Hidup Sehat

Apa saja Manfaat Buah Alpukat?  Jelas sudah banyak orang yang melabelkan buah satu ini sebagai rekomendasi untuk dikonsumsi, namun tidak sedikit juga orang yang memandang sebelah mata alpukat, karena dagingnya yang terasa tawar. Perlu diolah menjadi minuman jus atau dicampur dalam es atau semacamnya untuk bisa dihidangkan dengan nikmat.

Bukan hanya sekedar nikmat, alpukat juga menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.
Alpukat bisa dikatakan sebagai buah yang sangat baik, karena selain rasanya, alpukat juga banyak memiliki manfaat yang bertujuan kesehatan. Ada beberapa pendapat yang mengatakan jika makan alpukat itu kurang baik karena banyak mengandung lemak, namun sebenarnya kenyataanya tidak demikian karena yang ada di dalam alpukat adalah lemak baik. Bahkan dengan makan alpukat justru dapat membantu kita agar merasa kenyang lebih lama, sehingga baik untuk membantu mengontrol kelebihan berat badan.

Penelitian dari Loma Linda University mencari tahu apakah menambahkan alpukat segar untuk makan siang dapat memberi efek pada respon insulin, kadar gula darah, dan perasaan kenyang lebih lama. Penemuan awal mereka telah menentukan, bahwa memang ada dasar untuk dilakukan  penelitian lebih lanjut tentang manfaat makan alpukat untuk mengganti beberapa bagian makanan. Simak Manfaat Jus Alpukat .

Manfaat Jus Alpukat 

Manfaat buah jus daun alpukat



1 . Manfaat Alpukat untuk kehamilan

Alpukat adalah sumber alami folat, di mana folat sangat penting bagi perkembangan janin yang sehat. Versi sintetis asam folat direkomendasikan untuk semua wanita yang berencana mau hamil, dan makan buah alpukat adalah pilihan yang lebih sederhana, enak dan alami untuk mendapatkan folat.


2 . Alpukat mengandung lemak baik

Untuk Anda yang menjalankan diet, Anda pasti pernah mendengar bahwa harus menghindari alpukat karena kandungan lemaknya yang tinggi. Memang benar, alpukat mengandung tinggi lemak . Namun lemak tinggi yang ada di alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal atau ‘ lemak baik ‘ , yang justru akan membantu menjaga kesehatan jantung, dan membantu untuk menurunkan tekanan darah. Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam alpukat juga mampu membantu untuk membalikkan resistensi insulin yang dapat mengarah pada diabetes tipe 2.


3 . Sumber vitamin E tinggi

Alpukat adalah buah yang mengandung vitamin E tertinggi. Vitamin E merupakan vitamin penting, yang mampu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Vitamin E juga memiliki efek positif pada penyakit jantung, stroke, pencegahan kanker, dan pengembangan katarak, serta banyak diklaim memiliki sifat antipenuaan.


4 . Sumber serat

Buah Alpukat mengandung serat, baik larut dan serat tidak larut. Berarti alpukat juga membantu mengurangi kadar kolesterol dengan cara mencegah penyerapan kembali oleh tubuh, membantu mempertahankan fungsi usus,  dan dapat mencegah lonjakan gula darah setelah makan.


5 . Lebih sehat dan bebas residu insektisida

Sampai saat ini tidak ada tanaman alpukat yang direkayasa secara genetika. Alpukat memiliki kulit buah yang tebal, sehingga inti buah terlindungi dari pestisida. Oleh alasan itu, alpukat bisa dikatakan sebagai buah organik.


6 . Alpukat adalah makanan bagi otak

Alpukat adalah salah satu makanan untuk otak yang sehat dan terbaik yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengurangi risiko terkena Alzheimer. Omega 3 serta vitamin E yang secara alami sudah ada di dalam alpukat telah terbukti secara klinis mampu menghentikan laju penyakit Alzheimer, bahkan mungkin bisa mengembalikan ke tahap sangat awal.


7 . Membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik 

Makan alpukat dipercaya dapat meningkatkan jumlah karotenoid yang diserap dari makanan hingga 5 kali. Karotenoid adalah termasuk beta karoten dan likopen, keduanya merupakan nutrisi penting bagi kesehatan yang lebih baik. Peningkatan ini bisa terjadi karena nutrisi dan enzim dalam alpukat bekerja mengurangi peradangan lambung dan peradangan yang terjadi pada lapisan mukosa usus halus. Jadi, Anda tidak hanya mendapatkan tenaga listrik dari nutrisi yang terkandung dalam alpukat, Anda juga akan mendapatkan manfaat yang lebih besar dari makanan yang Anda pilih untuk dimakan bersama alpukat.

8 . Alpukat mencegah stroke


Kandungan folat yang tinggi dalam alpukat juga bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke. Orang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung folat tinggi telah terbukti lebih sedikit yang terkena serangan stroke, daripada yang hanya sedikit mengkonsumsi makanan yang mengandung folat.


9 .  Alpukat Menurunkan kolesterol


Sebuah studi telah meneliti dan menemukan penurunan kadar kolesterol sebanyak 17%, pada peserta yang meningkatkan makan alpukat selama satu minggu. Para peneliti mempercayai hal ini disebabkan oleh beta sitosterol,  yang sebelumnya telah ditemukan membantu menurunkan kadar kolesterol.


10 . Melindungi kesehatan mata

Mengkonsumsi alpukat dapat meningkatkan asupan Lutein yang akan melindungi Anda dari degenerasi makula dan pembentukan katarak. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan dengan tepat, apa sebenarnya yang dapat membantu melindungi kesehatan mata dari alpukat.

Lihat Juga Manfaat Jeruk Nipis

Alpukat merupakan buah yang tumbuh dengan mudah di negara beriklim tropis ini, Anda dapat menemukannya dengan mudah, maka jangan sia-siakan manfaat buah alpukat ini. Manfaat Alpukat Untuk Hidup Sehat Anda sedini mungkin. Dan lagi, alpukat bisa ditambahkan dalam makanan, seperti pudding, es atau makanan penutup lainnya.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Hidup Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.