Apa yang Menyebabkan Muncul Luka Memar di Tubuh?

Anda pasti pernah menemukan memar yang muncul di tubuh Anda, paling sering adalah di persendian atau di bagian paha dan lengan. Ditandai dengan munculnya memar pada kulit secara tiba-tiba, padahal Anda tidak pernah terbentur oleh benda tumpul apapun. Memar ini berwarna kebiru-biruan dan sering tidak disertai rasa sakit.

Penyebab memar memang bisa disebabkan dari dalam tubuh, dan memang ini aneh bagi sebagian orang. Beberapa orang mengatakan bahwa memar yang timbul tiba-tiba adalah akibat dari kelelahan. Namun, apakah benar? Apa sebenarnya yang menyebabkan memar timbul tiba-tiba?

Penyebab Memar Tiba-Tiba di Tubuh

menghilangkan memar

1. Bertambah tua

Usia memang tidak bisa dipungkiri, pertambahan usia Anda dapat menyebabkan hilangnya lapisan protektif yang berupa lemak serta produksi protein struktural dalam tubuh menurun. Hal ini memicu penipisan kulit dan mempermudah terjadinya memar.

2. Paparan sinar matahari

Sinar ultraviolet secara langsung membuat kulit menjadi tipis sehingga lebih mudah memar. Lapisan kolagen pada kulit memang akan menipis dengan bertambahnya usia seseorang, namun dengan paparan sinar matahari maka proses penipisan jaringan kulit akan semakin cepat.

3. Minum aspirin

Mengkonsumsi aspirin setiap hari juga bisa memicu terjadinya memar secara tiba-tiba. Hal ini berdasarkan penyataan  asisten profesor dermatologi di The Mount Sinai Hospital, dimana aspirin akan melebarkan pembuluh darah dan menghilangkan keping darah atau trombosit yang memicu darah sulit untuk membeku. Jumlah trombosit yang berkurang, akan menyebabkan kulit tidak sehat lebih mudah memar.

4. Kurang vitamin C

Perlu Anda ketahui, Vitamin C merupakan unsur penting untuk proses penyembuhan luka dan pembentukan lapisan kolagen pada kulit manusia. Asupan Vitamin C yang kurang akan memicu pembuluh darah lebih terbuka, sehingga mudah pecah dan menyebabkan memar. Gejala seseorang kekurangan vitamin C adalah rasa lelah berlebihan, gusi sering berdarah, depresi, sendi bengkak, sering mimisan, kulit dan rambut kering.

5. Vaskulitis

Vaskulitis adalah kumpulan gejala klinis dan patologis yang ditandai dengan adanya proses inflamasi atau peradangan pada pembuluh darah. Gangguan pembuluh darah ini ditandai dengan memar merah (purpupa), yang menjadi tanda pecahnya pembuluh darah.


Lihat juga Cara mengobati Panas Dalam Alami

Anda tidak perlu khawatir berlebih jika menemukan memar yang tiba-tiba ada di tubuh Anda, mungkin penyebabnya adalah salah satu dari hal-hal di atas. Jangan lupa selalu perbanyak minum air putih untuk menyegarkan tubuh Anda.

Apa yang Menyebabkan Muncul Luka Memar di Tubuh? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iruka Danishwara

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.