Manfaat Infused Water dan Cara Membuatnya

Sudah tahu tren sehat masa kini? Trend Sehat Masa Kini dengan Infused Water. Di pasaran memang banyak terjual minuman segar, selain menghilangkan rasa haus dengan memberikan kesegarannya juga bermanfaat untuk kesehatan, baik yang dikemas dalam botol/kaleng maupun yang baru saja dibuat seperti juice buah.

Apakah Anda tahu minuman yang paling baik untuk kesehatan sebenarnya adalah air mineral/air putih. Disarankan mengkonsumsi air putih sedikitnya dua liter atau kurang lebih delapan gelas setiap hari. Minum air putih mampu menyehatkan tubuh dan murah, tapi kebanyakan orang tidak suka dengan air putih hingga orang jarang mengkonsumsinya. Sebagian besar dari mereka beralasan bahwa air putih rasanya tawar sehingga membosankan jika sering-sering dikonsumsi dan mereka lebih memilih minuman lainnya seperti teh, kopi, juice buah, soda atau minuman yang memiliki rasa lainnya.

Manfaat Infused Water


Belakangan ini muncul trend kesehatan baru di luar negeri dan kini masuk sampai ke Indonesia, yaitu infused water atau spa water atau dalam bahasa Indonesia disebut air infus. Di luar negeri, infused water dipopulerkan oleh blogger asal Oregon AS bernama Amy Pogue yang terinspirasi oleh ibunya yang sejak kecil selalu memberinya air dengan potongan lemon di dalamnya. Infused Water adalah air putih yang telah diberi tambahan potongan buah atau herbal hingga mampu memberikan sensasi rasa air tertentu dan bermanfaat bagi kesehatan.

Infused Water adalah dibuat dengan memasukkan irisan buah-buahan ke dalam air putih, kemudian didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air akan berubah rasa seperti buah tersbeut. Mengkonsumsi air putih dengan tambahan potongan buah memang sangat baik apalagi untuk orang yang jarang atau tidak suka dengan air putih. Dengan mengkonsumsi Infused Water, Anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus, yang pertama manfaat dari air putih itu sendiri serta manfaat dari gizi/nutrisi yang terkandung di dalam buah-buahan segar yang Anda tambahkan ke dalamnya. Namun, jangan campur infused water ini dengan sirup dan gula agar penyerapan sari buahnya lebih tinggi. Mencampur air putih dengan potongan buah sangatlah mudah, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Tapi, pastikan air putih serta potongan buah yang digunakan bersih.


Manfaat Infused Water

Infude Water dengan Air putih

Air putih adalah salah satu komponen utama dalam pembuatan Infused Water. Gunakan air putih yang matang sempurna atau Anda dapat menggunakan air mineral yang saat ini bisa didapatkan dengan mudah dan banyak dikonsumsi.

Infused Water dengan Buah

Tidak semua jenis buah-buahan dapat dijadikan Infused Water. Sebaiknya pilih buah yang memiliki tekstur agak keras dan segar, jangan campurkan buah-buahan bertekstur lembek dan mudah rusak seperti pepaya dan pisang. Buahnya diusahakan yang memiliki rasa asam agar tidak bosan meminumnya. Buah yang bisa dijadikan Infused Water yaitu; jeruk nipis, stroberi, kiwi, lemon, timun, belimbing, apel, anggur, buah naga dan nanas. Selain dengan buah-buahan, bisa juga dengan herbal dan rempah-rempahan seperti teh hijau, daun mint, kayu manis, daun kemangi, serai, jahe dan yang lainnya. Agar mendapatkan manfaat yang maksimal kombinasikan buah-buahan dan herbal/rempah, seperti berikut:

    1. Teh hijau + jeruk nipis + daun mint
    Manfaatnya untuk pencernaan, menjaga kesehatan pernafasan, pembakaran lemak, meredakan sakit kepala dan mengatasi susah buang air besar.
 
 2. Stroberi dan kiwi
    Manfaatnya untuk menguatkan sistem kekebalan, memperlancar pencernaan, kesehatan kardiovaskular dan menurunkan gula darah.

  3. Lemon + jeruk nipis + timun
    Manfaatnya untuk mengontrol nafsu makan, menjaga kesehatan pencernaan, mengatasi kembung dan mengatasi dehidrasi.

  4. Jeruk nipis dan lemon
    Manfaatnya meningkatkan sistem pertahanan tubuh dan sebagai sumber vitamin C.

Infused Water dapat disimpan hingga seminggu dalam keadaan tertutup di dalam lemari pendingin. Akan tetapi sebaiknya untuk menjaga citarasa dan keamanannya maksimal Infused Water disimpan dalam waktu tiga hari saja. Hal ini mencegah buah yang direndam tidak lembek dan hancur.

Lihat Juga Cara Membuat Lulur Alami

Trend Sehat Masa Kini dengan Infused Water jelas tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk membuat Anda sehat dan segar. Fungsi Infused Water dapat memberikan zat gizi serta mineral yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan daya tahan dari berbagai penyakit. Namun, lebih baik lagi jika konsumsi minuman ini dibarengi makanan empat sehat lima sempurna lainnya agar nutrisi yang diterima tubuh juga menjadi sempurna.

Manfaat Infused Water dan Cara Membuatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iruka Danishwara

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.