Tips Mudah Sarapan Sehat dan Bergizi

Inilah Resep Sarapan Sehat dan Praktis. Awali hari Anda dengan sarapan karena makan pagi mampu membantu Anda untuk beraktivitas lebih baik dan mengurangi Anda dalam kehilangan konsentrasi. Menurut penelitian, anak-anak yang tidak sarapan di pagi hari akan kesulitan dalam menerima pelajaran di sekolah. Begitupun dengan Anda, seharian mengerjakan begitu banyak aktivitas dan rutinitas tentu akan lebih baik jika diawali dengan sarapan yang sehat dan bergizi.Selain itu, memakan makanan bergizi sebagai sarapan dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung koroner dan diabetes.

Namun, pada kenyatannya hampir 43% orang dewasa dan sekitar 10% anak-anak melewatkan sarapan mereka, sehingga mereka pun melewatkan manfaat dari gizi yang terkandung dalam sarapan. Simak Menu Sehat

Tips Sarapan Sehat dan Praktis

resep makanan sehat



1. Sarapan Serat

Sarapan yang sehat mengandung berbagai jenis makanan seperti makanan yang berserat, karbohidrat, sayuran, buah, telur, dan susu rendah lemak serta produk olahan susu yang lainnya. The Dietary Guidelines for Australian Adults menyarankan berbagai jenis roti dan sereal terutama yang berasal dari gandum sebagai sarapan. Makanan yang berasal dari gandum mengandung semua bagian dari biji bijian. Dengan mengkonsumsinya, Anda dapat terhindar dari resiko penyakit kronis seperti jantung koroner, kegemukan, diabetes dan kanker. Susu juga bisa bermanfaat untuk Kesehatan kulit Wajah.


2. Buah dan Sayuran

Makan 2 bagian buah dan 5 bagian sayuran setiap hari mampu menyumbangkan kesehatan bagi Anda. Sarapan adalah waktu terpenting untuk menambahkan buah dan sayuran dalam program diet Anda. Untuk buah, Anda dapat menyajikan salad buah dalam mangkok sarapan Anda dan siram dengan yogurt rendah lemak. Selain itu, Anda dapat mencoba menggunakan anggur yang ditaburi dengan sedikit gula. Buatlah smoothie dengan menggunakan susu rendah lemak dan yogurt, buah segar, kenari dan sedikit bubuk coklat sebagai variasi olahan susu.

Dan jika Anda ingin membuat sandwich, gunakan roti gandum dengan isian yang manis atau Anda dapat menggunakan roti buah. Variasi isian sandwich Anda seperti pisang, apel, kenari, nanas, keju, tomat, daging asap, dan kacang kacangan.


3. Telur

Telur juga merupakan makanan yang ideal untuk sarapan. Dalam program diet Anda disarankan untuk memakan 2 butir telur dalam setiap kali makan dalam sehari. Namun perlu diperhatikan juga cara memasak Anda. Cara memasak paling sehat adalah dengan menggunakan susu rendah lemak, direbus dan poaching.


4. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu terdiri dari kalsium yang sangat penting untuk kekuatan tulang dan gigi. Produk susu ini mengandung protein, vitamin A, D, dan B2. Banyak jenis olahan susu yang dapat Anda gunakan sebagai variasi sarapan Anda seperti susu, yogurt dan keju. Pilih produk yang rendah lemak atau sama sekali tanpa lemak.


5. Produk Olahan Gandum

Siapkan persediaan produk olahan gandum seperti sereal, dan juga siapkan susu rendah lemak untuk sarapan Anda. Siapkan sarapan di malam sebelumnya dengan menata meja, mangkok, piring, dan sereal pada tempatnya. Anda bisa menyiapkan rencana berbeda sebagai pilihan saat bahan makanan yang Anda gunakan mengalami kenaikan harga, contohnya buah segar, yogurt, kacang kacangan dan sereal.


6. Karbohidrat

Anda dapat mengoleskan margarin pada roti buah atau muffin buah dan beri topping irisan pisang dan kenari. Selain itu, Anda dapat memanggang roti gandum dan membakarnya dengan cheddar rendah lemak atau mozzarella. Potong roti gandum yang sudah dipanggang dalam irisan tipis dan sajikan dengan telur yang sudah direbus atau telur dadar yang dicampur dengan susu rendah lemak. Namun, jika Anda memilih sereal sebagai sarapan Anda, sajikan sereal gandum dengan yogurt rendah lemak dan buah buahan segar. Atau Anda juga dapat memasak bubur gandum dengan taburan kenari dan buah buahan seperti apel.


7. Protein

Anda dapat menggunakan ikan seperti tuna, salmon dan sarden. Caranya, Panggang ikan dengan menggunakan mayonais tanpa lemak dan black pepper. Anda juga dapat membuat telur dadar yang dicampur minyak zaitun, bawang merah dan lada hitam, kemudian disajikan dengan roti bakar. Omelet dengan tomat, jamur, dan salmon juga dapat menjadi variasi sajian protein untuk sarapan.

Lihat Juga Diet Sehat Badan Ramping

Gunakan bahan-bahan yang ada di rumah Anda se -efektif mungkin, mix menjadi sarapan yang sehat dan bergizi untuk memulai hari. Sarapan memang hal yang sepele, namun dapat mempengaruhi mood dan aktivitas Anda selama satu hari penuh. Mulai sekarang, awali hari Anda dengan Tips Mudah Sarapan Sehat dan Bergizi.

Tips Mudah Sarapan Sehat dan Bergizi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.