Cara Merawat Soft Lens ( Lensa Kontak) Agar Tak Berbahaya

Merawat Lensa Kontak atau Contact Lens itu gampang-gampang Susah. Namun anda tidak perlu khawatir jika mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk merawat dan menghindari bahaya. Karena menggunakan Softlens memang membantu penglihatan dan juga membuat percaya diri, tetapi juga terdapat bahaya di dalamnya jika salah melakukan perawatan.

Menggunakan Soft Lens harus selalu memperhatikan setiap detail perlakuan dari sang pemakai terhadap lensa yang digunakan untuk mata kita. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan untuk merawat lensa kontak (Contact Lens) agar selalu bisa digunakan secara aman. Pastikan agar anda tetap hidup sehat.

Prosedur Pemakaian Lensa Kontak


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan mungkin harus dilakukan bagi pengguna softlens, diantaranya:
  •     Jangan pernah abaikan saran dan petunjuk pemakaian yang direkomendasikan oleh Optician anda dan petunjuk dari pabrik.
  •     Tanyakan Optician anda  jika mata anda merah, sakit atau penglihatan buram.
  •     Selalu cuci tangan dengan bersih memakai sabun dan air sebelum memakai lensa kontak Anda dan keringkan dengan handuk.
  •     Selalu periksa lensa kontak anda tidak terbalik sebelum memakainya.
  •     Selalu mulai dengan lensa kontak mata yang kanan agar tidak tertukar.
  •     Pakailah lensa kontak sebelum make-up dan melepaskannya sebelum menghapus make-up.
  •     Pastikan lensa kontak Anda basah setiap saat, baik didalam mata atau ketika disimpan didalam tempat lensa kontak.
  •     Setelah melepas lensa kontak, bersihkan dan cuci lensa kontak Anda menggunakan larutan pembersih.
  •     Bersihkan tempat lensa kontak Anda setiap setelah pemakaian dengan larutan pembersih dan ganti setiap 3 bulan sekali.
  •     Pastikan anda memiliki sepasang kacamata cadangan.
  •     Lakukan pemriksaan mata 12 bulan sekali atau sesuai anjuran Optician anda.

Lalu bagaimana cara merawat contact lens atau softlens ini secara teratur? berikut yang perlu dilakukan untuk merawat softlens kesayangan kita


Cara Merawat Soft Lens

Cara merawat Lensa Kontak/Soft Lens




1. Gunakan Larutan serba guna
Larutan serba guna lensa kontak berfungsi membersihkan, mensterilkan dan menyimpan lensa kontak. Lensa kontak bulanan dan tahunan harus direndam oleh larutan minimal 6 jam untuk mencuci lensa kontak sehingga terhindar dari kontaminasi yang merusak mata.

2. Pakailah cairan pencuci khusus lensa kontak
Larutan pencuci lensa kontak biasanya dianjurkan untuk lensa kontak tahunan, namun dapat digunakan juga oleh lensa kontak bulanan. Larutan pencuci digunakan untuk menghilangkan sisa - sisa yang menumpuk di lensa kontak, seperti minyak dan protein. Jika hal tersebut tidak lakukan dapat mengakibatkan ketidaknyaman, iritasi mata dan mengurangi masa pakai lensa kontak

3. Pembersih tetes lensa kontak
Pembersih tetes dapat meningkatkan kenyamanan dalam ruangan ber-AC dan lingkungan yang kering.

4. Merawat tempat lensa kontak Anda 
Setelah setiap kali digunakan, bersihkan tempat lensa kontak dengan solusi larutan serba guna dan tinggalkan di udara kering. Ganti tempat lensa kontak setiap tiga bulan.

5. Kunjungan ke Optik untuk pemeriksaan
Kunjungan ke Optik untuk pemeriksaan adalah penting untuk memastikan kesehatan mata dan kenyamanan pemakai. Lebih baik anda datang berkunjung ke optik ketika masa pakai lensa kontak anda berakhir. Anda juga harus membawa tempat lensa kontak Anda yang lama dan kacamata anda ketika berkunjung kembali ke Optik.

6.  Selalu cuci tangan
Sebelum menyentuh lensa kontak, jangan pernah lupa untuk cuci tangan. Jika tidak, jari yang kotor bisa membuat mata iritasi.

7. Hindari yang berwarna
Lensa kontak warna-warni memang cantik. Namun jangan terlalu sering memakainya. Sebab penelitian menyebutkan kalau lensa kontak berwarna mengurangi oksigen yang masuk dalam kornea.

8. Menjaga kebersihan
Jangan menggunakan sabun, air liur, atau bahkan air untuk membersihkan lensa. Karena diletakkan pada mata, jaga kebersihan lensa kontak dengan baik.

9. Pergi ke dokter
Jika Anda mengalami iritasi atau mata merah, segera pergi ke dokter. Jika dibiarkan dan menganggapnya sepele, kesehatan mata justru semakin dalam bahaya.

10. Lensa kontak bermerek
Jangan suka mencoba lensa kontak yang tidak bermerek. Lebih baik gunakan yang sudah terjamin mutunya. Jika belum paham, konsultasikan dengan dokter atau pegawai di optik.

11. Batas pakai lensa
Lensa kontak sebaiknya digunakan delapan jam saja dalam sehari. Lepas ketika tidur dan rendam dengan cairan khusus. Memakai lensa kontak terlalu lama jelas membahayakan mata.

12. Eye shadow bubuk
Kombinasi antara make up dan lensa kontak perlu diperhatikan. Jangan memakai bedak tabur atau eye shadow bubuk agar butir-butirnya tidak jatuh ke dalam mata dan menyebabkan iritasi.


Baca Juga Meninggikan badan Tanpa Obat


Demikian sedikit tips aman untuk mengenakan lensa kontak dan Cara Merawat Soft Lens ( Lensa Kontak) Agar Tak Berbahaya. Pengguna Lensa Kontak memang harus telaten jika sudah memutuskan untuk memakai lensa kontak dibanding dengan kacamata. Salam Sehat

Cara Merawat Soft Lens ( Lensa Kontak) Agar Tak Berbahaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Revie Hapsari

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.