Tips untuk Mengurangi Rasa Mual Saat Hamil

Bagi ibu yang sedang hamil, rasa mual merupakan hal yang wajar. Tetapi sebenarnya rasa mual bisa dikurangi atau diminimalissir agar rasa mual tidak datang secara berlebihan. Dengan rasa mual yang tidak berlebihan, ibu hamil bisa tetap melakukan aktivitas pada saat kehamilan muda. karena rasa mual ini justru lebih banyak dirasakan saat kehamilan masih muda yaitu usia kandungan 3-4 bulan.

Bagaimana Mengurangi Rasa Mual Saat Hamil? banyak cara yang bisa dilakukan. Pola hidup sehat dan makan makanan yang sesuai akan membantu ibu hamil menghadapi rasa mual karena kehamilan dengan teratur. Dengan langkah-langkah sederhana kita bisa menekan munculnya rasa mual tersebut. Berikut ini beberapa tips mengurangi Rasa Mual saat hamil.

Mengurangi Rasa Mual Saat Hamil

 Cara Mengurangi Rasa Mual Saat Hamil


Minum Air Secukupnya
Banyak mengonsumsi air putih memang disarankan, apalagi pada saat masa kehamilan. Tetapi, jika mual sudah mulai menyerang, sebaiknya jangan minum air putih terlalu banyak pada satu kesempatan. Sebaliknya, minum secara perlahan dengan jeda waktu agar perut tak terasa kembung yang justru bisa memperparah rasa mual tersebut.

Makan yang Cukup
Seperti pada poin pertama, ibu hamil yang mengalami mual sebaiknya menghindari makan makanan besar dalam jangka waktu yang berdekatan. Sebaliknya, makan sedikit-sedikit namun dengan frekuensi yang sering. Hal ini juga disarankan agar makanan lebih mudah dicerna sehingga menghindari rasa begah.

Air Jahe Hangat
Minuman jahe membantu perut lebih hangat. Hal ini bisa membuat rasa mual yang akan timbul bisa diredakan. Menurut ilmu pengobatan Cina, jahe adalah jenis obat-obatan panas. Karena itu, jahe hanya dapat berfungsi meredakan mual saat suhu tubuhmu terasa dingin. Untuk menghilangkan rasa mualminum segelas jahe hangat atau mengonsumsi permen jahe sebagai camilan. Atau bisa juga jahe dicampurkan pada teh sesuai selera.

Hindari Pusing
Rasa pusing adalah salah satu pemicu rasa mual. Hindari rasa pusing seperti misalnya Saat bangun tidur, sebaiknya tetap berbaring sebentar di tempat tidur untuk menghindari rasa pusing yang kerap muncul. Hal ini juga berlaku ketika kamu sedang duduk, jangan langsung berdiri dan melakukan aktivitas lain. Sehingga rasa mual bisa kita hindari.

Aktivitas Kaki
Meskipun hamil bukan artinya kamu jadi malas bergerak. Sebaiknya rutinlah berjalan kaki, terlebih untuk mengurangi rasa pusing dan mual yang kerap dirasakan. Banyak bergerak dengan berjalan kaki ini juga penting untuk melancarkan peredaran darah.

Baca Juga Beberapa Masalah pada Kulit Bayi

Demikian beberapa tips untuk mengurangi rasa mual saat hamil. Bagi ibu hamil muda, sebaiknya lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas agar kandungan tetap aman. Salam Sehat.


Tips untuk Mengurangi Rasa Mual Saat Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Revie Hapsari

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.