Cara Mengatasi Tumit Kaki Pecah-Pecah Dengan Alami

Bagaimana cara mengatasi tumit kaki yang pecah-pecah? Setelah sebelumnya kita membahas cara membersihkan plak gigi yang kuning, kali ini lanjut mengatasi kaki pecah-pecah. Kaki yang pecah-pecah di bagian tumit, Tumit yang pecah-pecah membuat kaki tidak nyaman dan ada yang hingga terasa sakit dan ngilu. Hal ini bisa mempengaruhi kepercayaan diri anda dan tidak bisa memilih sandal sembarangan, minimal harus menutupi tumit yang pecah-pecah. Lalu bagaimana mengatasi tumit pecah-pecah secara alami tanpa obat? Dengan menggunakan bahan-bahan alami di sekitar anda, ternyata menderita tumit pecah-pecah bisa disembuhkan.

Tumit Kaki yang pecah-pecah dapat disebabkan oleh adanya cuaca dingin yang kering dan ditambah kurangnya kebersihan kaki. Selain perawatan dari segi kebersihan kaki, perlu juga memperhatikan makanan yang kita konsumsi setiap hari. Beberapa unsur penting untuk kesehatan tumit diantaranya seng, asam lemak omega-3, vitamin E, kalsium dan zat besi. Selain itu, memberikan perawatan ekstra untuk kaki anda dengan menggunakan pelembab juga diperlukan untuk mengantisipasi dampak dari perubahan iklim.

Cara MengAtasi Tumit Kaki Pecah-Pecah


Cara Menyembuhkan Tumit Kaki Pecah-Pecah

 Berikut ini beberapa bahan yang bisa menyembuhkan tumit kaki pecah-pecah secara alami.


1. Gliserin dan Lemon
Campur gliserin dan air mawar dengan takaran yang sama. Tambahkan juga perasan lemon ke dalam campuran tersebut. Kemudian, buatkan campuran kedua yaitu garam, perasan air lemon dalam air hangat dan gunakan untuk merendam kaki anda.

Setelah 15 sampai 20 menit, gosok tumit pecah-pecah dengan batu apung. Biarkan sampai kering lalu oleskan campuran air mawar dan gliserin pada kaki anda khusunya pada bagian yang pecah-pecah. Lakukan tips ini setiap malam sebelum tidur sampai tumit sembuh.

2. Minyak Kelapa
Tumit pecah-pecah disebabkan oleh kulit yang kering. Oleh karena itu, pijat kaki anda dengan minyak nabati seperti, minyak kelapa, minyak almond, minyak zaitun, atau minyak wijen. Setelah itu, gunakan kaus kaki dan biarkan semalam. Cucilah kaki di pagi harinya. 

3. Kunyit dan Daun Nimba
Tahukah anda bahwa daun nimbi dipercaya sangat mujarab untuk menyembuhkan kaki pecah-pecah. Caranya, tumbuk daun nimba dan tambahkan sedikit air hingga membentuk pasta. Tambahkan juga bubuk kunyit ke dalamnya. Setelah itu, terapkan pada tumit pecah-pecah selama 30 menit.

Kedua bahan tersebut (daun nimba dan kunyit) memiliki sifat anti-bakteri yang sangat berguna untuk mempercepat proses penyembuhan kulit. Gunakan resep obat ini sekali dalam sehari. Namun, jika kondisi tumit anda benar-benar buruk, lakukan dua kali sehari.

4. Tepung Beras, Cuka Apel dan Madu
Untuk menyembuhkan kaki yang pecah-pecah, anda juga bisa membuat ramuan alami dengan bahan tepung beras, cuka apel dan madu. Ambil 2-3 sendok makan beras dan giling sampai lembut. Tambahkan beberapa sendok madu dan cuka apel ke dalam tepung sampai membentuk pasta kental.

Jika masalah tumit anda cukup serius, tambahkan juga satu sendok minyak zaitun atau minyak almond. Rendam kaki anda selama sekitar 20 menit dalam air hangat, lalu pijat dengan pasta ini. Selain dapat mengobati tumit pecah-pecah, ramuan ini juga mampu menghaluskan kaki.

5. Cuka
Cuka memang terbukti kaya akan asam asetat. Zat ini membantu membuat kulit lembut dan terhindar dari pengelupasan. Untuk mengatasi tumit pecah-pecah, tuangkan ¼ cangkir cuka ke dalam air hangat.

Tambahkan juga minyak sayur di dalamnya secukupnya. Setelah itu, rendam kaki anda selama 10 menit. Gunakan batu apung untuk membersihkan kulit mati di area kaki lalu keringkan. Oleskan juga pelembab setelah kulit dikeringkan.

6. Oatmeal dan Jojoba Oil
Ambil 1 sendok makan bubuk oatmeal dan beberapa minyak jojoba untuk membuat pasta kental. Oleskan campuran tersebut di atas tumit pecah-pecah dan biarkan selama 30 menit. Cuci dengan air dingin dan keringkan.

7. Madu
Campurkan satu cangkir madu setengah bak air hangat. Rendam kaki selama sekitar 15-20 menit. Gosok tumit anda dengan lembut menggunakan batu apung atau scrubber.

8. Jus Lemon dan Pepaya
Jus lemon bermanfaat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati karena mengandung asam asetat yang tinggi. Untuk menyembuhkan tumit pecah-pecah, blender pepaya dan perasan air lemon untuk membuat pasta. Oleskan campuran ini pada tumit dan biarkan selama 15 sampai 20 menit untuk melembutkan kulit kaki anda.

Baca Juga Cara Mengatasi Rambut Rontok

Demikian cara mengatasi tumit kaki yang pecah-pecah dengan cara alami dengan bahan-bahan yang alami sehingga sehat dan mudah didapat di sekeliling kita. Salam.

Cara Mengatasi Tumit Kaki Pecah-Pecah Dengan Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Silma Karami

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.