10 Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Suka nonton film seri, mengerjakan tugas yang menumpuk, atau sekedar online berlama-lama di depan laptop atau komputer? Iritasi dan gangguan mata mengancam. Bagaimana cara menjaga Kesehatan mata di depan komputer?

Menjaga kesahatan mata sangat penting, terutama bagi Anda yang setiap hari berhadapan dengan gadget beradiasi tinggi seperti komputer atau laptop. Terlalu lama di depan layar beradiasi dapat mengurangi ketajaman pandangan yang biasanya juga menyebabkan sakit kepala, mata kering dan bahkan penglihatan kabur. Namun, ada banyak cara menjaga kesehatan mata.


cara menjaga kesehatan mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer dan Laptop


1. Mengatur Jarak Mata Dengan Layar

Jarak pandang ketika Anda berhadapan dengan layar beradiasi sangat berpengaruh dengan radiasi yang mata terima. Buat jarak sejauh mungkin, jika perlu atur ukuran font menjadi lebih besar. Karena melihat layar monitor atau LCD terlalu dekat membuat otot mata menjadi cepat lelah dan mengurangi kemampuan lensa mata sehingga mengakibatkan mata berkurang dan menjadi cepat rabun.

2. Mengatur Posisi Monitor / LCD

Cara kedua yang penting untuk menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer dan laptop adalah mengatur monitor Anda sedikit lebih rendah dari mata sehingga mata Anda akan sejajar dengan bagian tepi atas monitor. Sudut ini akan membuat leher Anda dalam posisi yang wajar, sehingga mengurangi ketegangan otot mata.

3. Mengatur kecerahan layar

Atur kecerahan (brightness) dan kontras layar Anda. Layar yang terlalu terang bsia membuat otot mata cepat lelah. Namun jangan terlalu gelap, sehingga Anda kesulitan melihat tulisan pada layar. Atur kecerahan layar dengan nyaman sehingga membuat mata Anda tidak gampang lelah.

4. Bersihkan Layar Dari Debu

Membersihkan layar Anda dari debu. Debu yang secara tidak sengaja masuk ke mata Anda dapat menyebabkan iritasi dan secara tidak langsung menyebabkan ketegangan pada otot mata. Bersihkan layar monitor Anda dengan cara mengelap layar dengan cairan anti-statis yang disemprotkan ke kain, usahakan melakukan ini setiap hari.

5. Gunakan Penyangga Buku

Ketika Anda perlu mengutip artikel atau mencari referensi dari sebuah buku, letakkan buku tepat di samping monitor Anda menggunakan bantuan penyangga buku. Dengan menempatkan buku tepat di samping monitor, membuat mata Anda tidak perlu bergeser terlalu jauh saat membaca sumber di buku dan mengetikkan kembali di komputer. Lebih baik lagi jika Anda menguasai teknik mengetik sepuluh jari sehingga Anda bisa mengetik tanpa melihat keyboard, dan tetap mengarahkan pandangan pada buku sehingga mengurangi frekuensi memeriksa layar komputer.

6. Mengatur Pencahayaan Ruangan

Usahakan mengatur cahaya di ruangan Anda sama dengan cahaya pada layar komputer. Ruang kerja yang ideal memiliki cahaya lampu yang lembut, cahaya alami yang terbatas, tidak ada lampu neon dan permukaan yang tidak memantulkan terlalu banyak cahaya. Mengganti lampu dan menggunakan tirai di ruang kerja Anda bisa mengurangi kelelahan mata kalian.

7. Menggunakan Layar Anti-Radiasi / Anti-Silau

Cara ini biasanya digunakan untuk monitor edisi lama atau monitor tabung (CRT) komputer. Dengan menggunakan bantuan layar anti-silau ini akan mengurangi cahaya jika Anda tidak bisa mengurangi pencahayaan yang terlalu terang.

8. Sering Berkedip

Ketika Anda terlalu fokus pada layar, mata Anda akan cepat mengalami kelelahan. Hal ini juga membuat mata Anda terlalu cepat kering. Jadi, sering-seringlah berkedip. Atau kalau sudah terlalu lelah, Anda dapat menutup mata selama beberapa detik untuk menyegarkan kembali mata Anda. Sesekali, pijat area di sekitar mata dengan lembut. Lakukan gerakan memutar secara perlahan untuk membuat otot-otot di sekitar mata lebih rileks. Usahakan untuk berkedip cukup sering demi menjaga kelembapan mata — agar tidak kering dan iritasi.

9. Gunakan Lensa Kacamata yang Tepat (lensa anti-reflektif)

Jika Anda menggunakan kacamata, Anda bisa menggunakan lensa anti-reflektif untuk membantu mengurangi silau dari cahaya yang dipancarkan layar Anda. Anda juga bisa menggunakan lensa ini meskipun dengan kacamata normal (bukan kacamata +/- atau silindris).

10. Gunakan Monitor Beresolusi Tinggi

Monitor tua atau yang edisi lama biasanya cenderung berkedip lebih banyak dan memiliki refresh rate yang lebih lambat, sehingga menyebabkan mata Anda untuk terus-menerus menyesuaikan dengan gambar pada layar. Akibatnya mata Anda cepat lelah.

Lihat Juga Cara Memakai Softlens

Mata merupakan salah satu aset yang berharga untuk setiap orang, jagalah mata Anda sebaik-baiknya.
Itulah 10 cara menjaga kesehatan mata untuk pengguna komputer atau laptop yang sangat mudah untuk dijadikan kebiasaan ketika harus berlama -lama di hadapan layar beradiasi tersebut.
Salam.

10 Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.