Aman dan Sehat Pakai Softlens dengan Cara Benar

Tampil cantik dengan lensa kontak? Selain membuat bola mata terlihat lebih indah, lensa kontak juga membantu penglihatan sebagai pengganti kacamata. Namun, bagaimana Cara Menggunakan Softlens yang Benar? kali ini kita akan membahas mengenai cara memakai softlens.

Lensa kontak  atau yang biasa dikenal sebagai softlens memiliki fungsi yang sama seperti kacamata, keduanya merupakan alat bantu penglihatan, hanya saja cara penggunaannya yang berbeda. Jika penggunaan kacamata sekedar digantungkan saja di kedua daun telinga, lensa kontak (softlens) penggunaanya ditempel secara langsung di kornea mata,

Ada dua jenis lensa kontak, yaitu hard contact lens dan soft contact lens atau yang biasa dikenal dengan soft lens. Seiring perkembangan jaman, lensa kontak (softlens) yang dulu hanya bertujuan sebagai alat bantu penglihatan, kini digunakan juga sebagai salah satu fashion.

Apakah bahaya memakai softlens? Dianjurkan sekali bagi Anda pengguna lensa konta (softlens) untuk selalu menjaga kebersihan, karena jika tidak dapat mengakibatkan masalah mata yang cukup serius seperti mata kering, penglihatan menjadi kabur, gatal hingga kebutaan. Untuk perawatan dan menjaga kebersihan anda bisa lihat pada artikel Cara Merawat Softlens

Resiko dari kurang memperhatikan kebersihan lensa kontak (softlens) memang sangat fatal bagi kondisi mata. Banyak orang yang mengabaikan cuci tangan sebelum memakai lensa kontak (softlens) pada mata. Hal ini bisa jadi pemicu terjadinya iritasi yang jika dibiarkan bisa menjadi infeksi parah.


Usia lensa kontak (softlens), sangat dipengaruhi oleh perawatan dan pemakaian yang dilakukan. Jika lensa kontak (softlens) tidak dirawat dengan semestinya, kemungkinan lensa kontak (softlens) akan aus sebelum waktunya. Jangan tergiur dengan softlens murah.

Cara Memakai Softlens dan Merawatnya


Cara Memakai Softlens

Maka, cara memakai kontak lens (softlens) harus memperhatikan hal-hal yang berikut untuk menghindari masalah ketika pemakaian lensa kontak (softlens) :
  • Lepas lensa kontak (softlens) Anda sebelum tidur. Jangan memakai lensa kontak (softlens) ketika tidur.
  • Rawatlah lensa kontak (softlens) dengan cairan yang sesuai. Produk yang tidak tepat dapat membahayakan lensa dan kesehatan mata Anda.
  • Pakai kacamata pelindung untuk menghindari debu dan angin masuk ke mata.
  • Periksalah mata dan lensa kontak (softlens) Anda secara teratur.
  • Patuhi petunjuk dari ahli perawatan mata tentang petunjuk penggunaan dan perawatan yang baik
  • Cermati petunjuk yang diberikan dalam kemasan lensa kontak (softlens).
  • Cermati kebersihan lensa kontak (softlens) Anda. Adanya kotoran yang menempel akan membuat infeksi pada mata.
  • Gunakan tetes mata yang khusus untuk lensa kontak (softlens), bukannya tetes mata biasa.
  • Bersihkan secara teratur wadah lensa kontak (softlens) dengan air mendidih lalu keringkan. Hal ini dimaksudkan agar kuman yang ada pada wadah lensa kontak Anda terbunuh.
  • Gantilah lensa kontak (softlens) begitu mata Anda mulai merasa tidak nyaman memakainya. Hal itu menandakan kondisi lensa kontak (softlens) sudah tidak baik lagi untuk dipakai.
  • Pada saat menyentuh lensa kontak (softlens), pastikan tangan Anda berada dalam keadaan kering dan bebas dari kotoran dan kuman.
  • Jika ingin menyimpan lensa kontak (softlens), pastikan Anda menaruhnya di tempat penyimpanan khusus yang telah diberi larutan desinfektan.
  • Apa pun merek larutan pembersih lensa kontak (softlens) yang Anda pilih, jangan biarkan permukaan mulut botol tersentuh apa pun, termasuk bagian tubuh Anda. Dengan begitu, Anda bisa menghindarinya dari pencemaran dan kontaminasi. Hindari pula cipratan air ke mata Anda.
  • Jika Anda belum pernah menggunakan lensa kontak (softlens), jangan langsung menggunakan lensa kontak (softlens) untuk jangka waktu satu tahun. Cobalah dengan yang memiliki jangka waktu satu sampai tiga bulan, karena kadar airnya berbeda.
  • Untuk pemilihan warna lensa kontak (softlens), lebih baik coba terlebih dahulu testernya. Sesuaikan dengan bentuk wajah dan warna kulit Anda.
  • Jika sedang memakai lensa kontak (softlens), jangan berada di sekitar tempat panas dengan jarak yang terlalu dekat.
 

CARA MEMAKAIAN SOFTLENS

  1. Sebelum memakai softlens, pastikan tangan anda sudah bebas dari kuman dan bakteri dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik.
  2. Pastikan tangan kering Anda saat hendak memegang softlens.
  3. Pastikan kuku Anda dalam keadaan bersih dan usahakan tidak terlalu panjang karena dapat merobek atau merusak softlens.
  4. Hindari pemakaian sunblock/body lotion di tangan sebelum menyentuh softlens, agar bekas lotion tidak menempel di softlens.
  5. Pastikan softlens terendam dalam cairan khusus softlens di dalam sotlens box.
  6. Bersihkan softlens dengan menggosok kedua sisinya dengan cairan pembersih secara perlahan.
  7. Tarik kelopak mata bagian bawah menggunakan jari tengah, sedangkan softlens berada di jari telunjuk.
  8. Bola mata melihat ke atas, buka mata selebar mungkin, kemudian tempelkan softlens pada bagian putih mata.
  9. Kedipkan mata sampai softlens berada di kornea mata.
  10. Anda juga bisa menempelkan langsung ke kornea mata, hanya saja kornea mata cenderung tidak fokus hingga agak sulit jika langsung di kornea mata
  11. Jika mata terasa kering saat memakai softlens, gunakan tetes mata/eyedrop khusus bagi pengguna softlens.
  12. Hindari mengucek mata saat memakai softlens.
  13. Dianjurkan untuk melepas softlens saat hendak tidur atau mandi.

CARA MELEPASKAN SOFTLENS

  1. Gunakan jari tengah tangan kiri untuk membuka dan menahan kelopak mata bagian bawah.
  2. Gunakan jari tengah tangan kanan untuk membuka dan menahan kelopak mata bagian atas.
  3. Gunakan jari telunjuk dan ibu jari secara bersamaan untuk mengambil softlens.
  4. Lakukan dengan hati-hati agar jari tidak menyentuh permukaan mata sehingga tidak perih.

Lihat Juga  Cara Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Demikian tata Cara Memakai Lensa Kontak yang Benar (softlens). Memang mudah untuk menjadi cantik, namun keamanan dan kesehatan harus tetap jadi prioritas. Salam

Aman dan Sehat Pakai Softlens dengan Cara Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.