Dampak Buruk Bahaya Nasi Goreng

Adakah dampak dan bahaya Nasi goreng? Jenis Nasi goreng adalah makanan yang sangat diminati di daerah Asia, karena di kawasan ini orang lebih menyukai makanan dengan bumbu atau rempah dengan rasa yang kuat. Hal ini terutama di negara asalnya yaitu China, dan beberapa negara asia teggara seperti halnya Thailand dan negara kita ini. Nasi goreng sangat khas dengan bahan masakan tambahan lain seperti daging, ayam, hingga sayuran serta menggunakan bumbu-bumbu yang kuat seperti bawang putih, kecap, merica, dan MSG.

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa diet yang sehat itu adalah diet yang seimbang, yang terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin. Dalam sepiring nasi goreng kelihatannya sudah mencakup itu semua, karena selain nasi biasanya juga ditambahkan sayuran sehat seperti wortel, jamur, dan sawi, juga ada daging, telur dan ayam ditambah juga dengan rempah yang tinggi gizi seperti bawang merah dan putih.

Dampak Buruk Kandungan Nasi Goreng


kandungan nasi goreng

Apabila dilihat dari bahan makanan yang ditambahkan seperti disebut di atas, nasi goreng sekilas memang tampak sehat. Namun, yang perlu digarisbawahi adalah penggunaan minyak goreng yang terdiri dari margarin dan minyak sayur, yang mungkin membuat makanan khas ini menjadi tak sehat lagi, terlebih jika dikonsumsi secara teratur apalagi oleh orang yang sudah memiliki kondisi buruk seperti hipertensi dan kolesterol. Rutin makan nasi goreng setiap malam mungkin akan meningkatkan resiko kesehatan Anda seperti berikut :

1. Nasi Goreng Meningkatkan Berat Badan

Selain menggunakan minyak sayur dan mentega/margarin sebagai bahan wajib, nasi goreng biasanya juga menggunakan kecap, nasi putih, gula, telur, daging, dsb. Dengan demikian, nasi goreng adalah makanan yang cukup tinggi kalori. Jadi, jika Anda secara kontinu makan nasi goreng apalagi menjelang tidur di malam hari, maka Anda beresiko mengalami peningkatan berat badan dengan cepat.

2. Nasi Goreng Pemicu Darah Tinggi

Darah tinggi bisa terjadi karena orang terlalu sering dan kebanyakan mengkonsumsi natrium, yaitu senyawa kimia yang memiliki efek mengikat cairan dalam tubuh. Natrium terbanyak adalah dihasilkan oleh garam dalam makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Nasi goreng pada umumnya menggunakan banyak garam untuk memperoleh rasa yang seimbang dengan penambahan gula dan kecap manis. Bukan hanya itu saja, minyak sayur yang berubah menjadi lemak trans selama pemanasan akan mempercepat penyempitan pembuluh arteri  dan ditambah dengan banyak natrium, bisa meningkatkan resiko Anda terkena hipertensi, kondisi yang sangat mungkin menyebabkan komplikasi pada jantung, diabetes, ginjal, dan stroke.

3. Nasi Goreng Menyebabkan Jantung dan Stroke

Minyak sayur yang dipanaskan dalam suhu tinggi telah diketahui terhidrogenasi menjadi jenis lemak yang tak sehat, atau apa yang disebut dengan lemak trans. Lemak trans adalah jenis lemak jenuh yang diketahui paling buruk bagi kesehatan, yang bisa menciptakan efek buruk bagi kesehatan yang dikaitkan dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kondisi kronis lainnya. Makan makanan yang mengandung lemak trans akan meningkatkan jumlah kolesterol buruk (LDL) dan menurunkan jumlah kolesterol baik (HDL).

4. Nasi Goreng Menyebabkan Kanker

Sebuah hasil penelitian yang didanai oleh sebuah lembaga di Swedia menyebutkan bahwa makanan yang banyak mengandung karbohidrat yang digoreng (nasi, singkong, kentang, ubi jalar, roti,  dsb) terbukti merangsang pembentukan senyawa karsinogenik yang disebut akrilamida. Karsinogenik adalah senyawa produk sampingan makanan yang bersifat racun, yang dapat memicu pembentukan sel kanker. Seperti yang Anda ketahui bahwa nasi putih adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Sementara itu menurut hasil penelitian ini juga, bahwa makanan yang mengandung tinggi karbohidrat hanya sedikit mengandung akrilamida jika di rebus/kukus. Walaupun beberapa makanan yang biasa kita konsumsi juga mengandung akrilamida, namun karbohidrat yang digoreng memiliki kadar tertinggi.

Akrilamida dinyatakan sangat berbahaya bagi kesehatan, bisa memicu tumor kanker, mengganggu kesuburan, keguguran, merusak syaraf, hingga menyebabkan bayi lahir cacat jika banyak dikonsumsi Nutrisi ibu hamil dan menyusui.

Lihat Juga Tips Sarapan Sehat

Nasi goreng tidak sepenuhnya buruk untuk kesehatan, namun betapa baiknya jika Anda tidak secara kontinu mengkonsumsi nasi goreng. Selingi makanan Anda dengan hidangan lain. Nasi yang paling baik dikonsumsi adalah yang memasaknya dengan cara dikukus.

Dampak Buruk Bahaya Nasi Goreng Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.