Tips Kesehatan : Hal yang Harus Dihindari Saat Sarapan

Melewatkan sarapan Anda? Jangan! banyak Manfaat Sarapan Pagi, Sarapan adalah hal penting yang harus Anda lakukan untuk memulai hari. Sarapan bisa membuat Anda merasa fit seharian dan mempengaruhi mood Anda. Namun, tidak sedikit juga laporan yang saling bertentangan satu sama lain mengenai sarapan dan makanan paling penting dikonsumsi ketika sarapan. Apa pun penjelasan yang pernah anda baca atau dengar mengenai hal ini? Yang pasti, melakukan sarapan sehat sebelum beraktivitas sangatlah baik bagi tubuh Anda.

Mungkin Anda pernah berpikir bahwa selama tidur, tubuh masih membakar energi atau kalori. Disamping itu, banyak orang mengabaikan sarapan untuk berbagai alasan. Alasan yang paling sering adalah karena minimnya waktu, karena harus segera ke kantor atau ke sekolah. Sehingga tidak sedikit dari Anda yang akan makan apa saja dan sekedarnya dari meja makan ketika pagi hari. Sarapan memang penting, namun Anda juga harus memperhatikan apa yang Anda makan.

Apa saja kesalahan mengenai sarapan yang harus Anda hindari?

Hal yang Dihindari Saat Sarapan

Tips sarapan

1. Tidak sarapan sama sekali

Sama sekali tidak menyantap makanan ketika pagi adalah suatu kesalahan yang harus Anda hindari. Apabila Anda tidak memiliki banyak waktu pada pagi hari untuk sarapan, betapa baiknya Anda menyiapkan bahan-bahan sarapan Anda sejak malam hari atau paling tidak putuskan apa yang akan Anda makan pada esok pagi.

Merencanakan sarapan Anda sejak malam hari sebelumnya, Anda pun akan terhindar untuk mengambil makanan sembarangan untuk dimakan. Jika ingin lebih ringkas, beli dan simpanlah buah untuk dijus atau sereal ringan, sehingga Anda bisa menyelesaikan sarapan dalam hitungan menit. Tidak memakan terlalu banyak waktu, bukan? Dari pada Anda harus memulai hari dengan perut kosong.

2. Makan terlalu banyak saat sarapan

Sarapan pagi sangat penting, namun bukan berarti Anda bisa makan sepuasnya dan sebanyak-banyaknya. Sarapan yang sehat adalah keharusan, namun bukan berarti pula, Anda bisa menyimpan bahan-bahan makanan yang cenderung berat untuk pagi hari. Sarapan terlalu berat berpotensi membuat Anda malas dan mengantuk, bahkan sebelum aktivitas Anda berakhir. Pastinya Anda tidak mau mengantuk di tengah-tengah meeting atau presentasi, bukan? Makanlah secukupnya namun dengan tepat.

3. Makan Makanan yang sama tiap pagi

Sarapan paling mudah adalah sereal dengan tambahan susu. Anda memang bisa makan sereal dan minum susu setiap pagi, karena merupakan jenis makanan paling nyaman dan tidak terlalu menghabiskan waktu Anda terlalu banyak. Walaupun sereal dan susu baik untuk Anda, namun Anda juga tidak bisa terus-menerus mengkonsumsinya setiap hari. Tidak hanya membuat Anda kehilangan nutrisi dari sumber makanan lainnya, tapi juga bisa membuat Anda jenuh. Pilihlah makanan sederhana dan efektif lainnya.


4. Terlalu banyak konsumsi jus dan air

Anda pasti sering terburu-buru juga ketika sarapan, dan meminum banyak air atau jus untuk mendorong makanan cepat masuk dalam perut mungkin adalah hal yang paling sering Anda lakukan. Sayangnya, dengan melakukan hal tersebut, akan memberi peluang Anda untuk tersedak dan proses pencernaan lebih lambat. Kunyah makanan Anda sesuai dengan anjuran, tiga puluh dua kali. Jika memang Anda terburu-buru, bagaimana jika mulai sekarang Anda benarp-benar meluangkan waktu untuk sarapan?

5. Makan terburu-buru

Banyak orang terbangun setengah atau satu jam sebelum mereka berangkat kerja. Kebiasaan buruk terlambat bangun tidur akan membuat Anda hanya makan sedikit sekali atau bahkan membeli jajanan di luar dan dimakan sambil berjalan.

Hal itu tidak hanya berisiko membuat makanan Anda jatuh atau tumpah, namun juga akan membuang banyak energi Anda ketika makan dengan cara seperti itu. Anda pun akan cepat merasa lapar dan cenderung membuat Anda ingin makan sepuasnya pada saat siang harinya.

Lihat Juga Manfaat Infused Water

Bagaimanapun juga, sarapan adalah hal penting, tentunya Anda seharusnya mulai sekarang meluangkan waktu untuk sarapan. Salah satu gaya hidup sehat adalah dengan makan pagi yang baik. Jangan terburu-buru, ambil makanan yang bergizi dan jangan makan terlalu banyak ketika sarapan sehat sehingga Anda benar-benar siap untuk memulai hari dengan baik.

Tips Kesehatan : Hal yang Harus Dihindari Saat Sarapan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.