Cara Alami Atasi Insomnia

Bagaimana Menyembuhkan Insomnia? Sebagian besar dari Anda pasti punya masalah pada waktu tidur. Insomnia memang selalu menghantui dan parahnya lagi, setelah bekerja seharian penuh, di malam hari Anda masih belum bisa tidur juga. Masalah sulit tidur atau insomnia adalah 'penyakit' umum bagi masyarakat perkotaan, hal ini dikarenakan tingginya tingkat depresi pada orang-orang yang bekerja seharian penuh, stres dan kecemasan juga sebagai pemicunya.

Tidur adalah hal yang wajib untuk membiarkan seluruh tubuh istirahat, agar Anda kembali segar pada keesokan harinya. Bahkan banyak sekali penyakit yang bisa dikaitkan dengan masalah insomnia, banyak manfaat yang di dapat jika kita rutin memiliki tidur yang berkualitas.

Terlepas dari kondisi klinis seseorang, obat yang rutin digunakan untuk mengobati masalah kesehatan seperti tekanan darah, penurunan berat badan dan penyakit jantung, juga memiliki efek samping insomnia. Meskipun banyak tersedia obat tidur yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah insomnia, obat tersebut beresiko tinggi menjadi ketergantungan dan memperoleh efek samping lain yang terkait. Dalam kasus-kasus insomnia dan gangguan tidur biasa lain, biasanya dapat diatasi dengan beberapa cara pengobatan alami, dan tidak menimbulkan resiko kesehatan yang signifikan. Simak Cara Alami Atasi Insomnia

Cara Alami Atasi Insomnia

Cara mengatasi Insomnia



1. Makanan

Jika Anda berusaha untuk tidur dan berusaha mendapatkan kualitas tidur yang baik, minumlah segelas susu hangat sebelum tidur. Kemudian makan almond atau makan buah setelah minum susu bisa membantu mengatasi insomnia Anda. Hal ini dikarenakan susu mengandung tryptophan, yang membantu meningkatkan kadar hormon tidur serotonin dan melatonin. Selain itu, Anda juga bisa makan buah seperti pisang yang kaya akan magnesium dan buah ceri yang mengandung melatonin.


2. Herbal

Menggunakan minyak lavender selain bisa mengiduksi tidur pada beberapa orang yang menderita insomnia, minyak lavender juga memberikan efek yang menenangkan pada tubuh dan pikiran. Selain itu, mandilah sebelum Anda tidur dengan menambahkan beberapa tetes minyak lavender dalam air panas yang akan Anda gunakan untuk mandi, karena ini akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Jamu lainnya yang biasa digunakan untuk mengobati insomnia adalah akar valerian dan chamomile.


3. Olahraga

Apabila Anda merasa menderita insomnia atau sulit tidur, lakukanlah olahraga secara teratur. Hal ini telah banyak dibuktikan oleh penelitian, bahwa latihan atau olahraga biasa bisa meningkatkan kualitas tidur pada anak serta orang tua plus meningkatkan kondisi kesehatan Anda. Pastikan saja Anda menyelesaikan olahraga 3 – 4 jam sebelum tidur untuk menghindari gangguan tidur yang lain.


4. Meditasi dan yoga

Meditasi, yoga, dan relaksasi adalah cara alami yang efektif untuk mengatasi masalah gangguan tidur atau insomnia, sebagai teknik alternatif yang bertujuan untuk menenangkan pikiran dan relaksasi otot. Teknik-teknik ini telah menjadi pilihan pengobatan umum bagi orang yang menderita insomnia, karena memiliki efektivitas mendorong Anda untuk tidur. Dengan melakukan rutin meditasi, maka hormon melatonin dalam tubuh Anda meningkat yang membuat tidur menjadi lebih baik.


5. Merubah gaya hidup

Gaya hidup Anda juga bisa mempengaruhi tidur Anda. Salah satu faktor yang paling menyebabkan kurang tidur adalah menonton acara TV sampai larut malam, bekerja shift, lampu kamar yang terang, dan kebiasaan makan yang buruk. Anda dapat melakukan beberapa perubahan pada gaya hidup Anda, seperti berjalan-jalan setelah makan, mematikan TV paling tidak satu jam sebelum tidur jangan lupa matikan juga gadget Anda, serta mematikan lampu kamar tidur. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat dan baik.

Lihat Juga Cara Mengatasi Anemia

Insomnia atau gangguan tidur memanglah umum terjadi, namun tidak ada salahnya Anda mengatasinya agar badan Anda fit setiap hari dan untuk memulai hari. Pekerjaan yang menumpuk setiap hari menanti Anda, jangan sampai Anda kelelahan dan tidak bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Terapkan Cara Alami Atasi Insomnia agar tidur Anda lebih baik dan berkualitas.

Cara Alami Atasi Insomnia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.