Kenali Gejala dan Ciri-Ciri Anemia Sejak Dini

Apa ciri-ciri Anemia? Apakah Anda sering merasa lemas, lesu, pusing atau lelah bahkan sampai detak jantung berdebar-debar? Berhati-hatilah, karena bisa jadi itu adalah gejala penyakit anemia. Saat sibuk dengan aktivitas, kadang Anda akan lupa untuk menjaga tubuh. Asupan makanan yang tidak sehat dan tidak teratur, kebiasaan begadang dan kurang istirahat dapat menyebabkan tubuh menjadi kekurangan darah.

Masyarakat awam masih tidak menyadari apakah mereka terserang anemia atau bukan. Karena gejalanya yang hampir sama, kebanyakan orang masih belum bisa membedakan antara anemia atau darah rendah. Jadi, kurang darah sebenarnya sangat berbeda dengan darah rendah. Jika berbicara masalah hipotensi atau darah rendah adalah tekanan darahnya yang rendah dimana kemampuan otot jantung kurang untuk memompa darah keseluruh tubuh sehingga menyebabkan kurangnya aliran darah ke jaringan yang dilaluinya. Oleh karena itu, kenali gejala dan ciri-ciri anemia sejak dini.

Penyebab Penyakit Anemia


Penyakit anemia diartikan sebagai penurunan kosentrasi hemoglobin dalam sirkulasi darah. Hemoglobin sendiri di dalam darah berfungsi untuk mengikat oksigen dan membawa oksigen dari paru-paru keseluruh jaringan tubuh. Hemoglobin juga membawa kembali karbondioksida dari seluruh sel paru-paru untuk dikeluarkan dari tubuh. Jika hemoglobin sel darah merah berkurang atau jumlahnya dibawah normal maka seseorang akan mengalami anemia dengan gejala-gejala seperti letih, lesuh, lelah, pusing dan lemah bahkan bisa sampai pingsan.

Penyebab Anemia disebabkan karena kurangnya oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh karena kadar hemoglobin sebagai pengikat oksigen menurun. Dalam keadaan normal kadar hemoglobin pada wanita dewasa adalah 12 sampai 16. Sedangkan untuk laki-laki dewasa adalah 14 sampai 18 gram/100ml darah. Jumlah hemoglobin normal tergantung dari umur, jenis kelamin dan kondisi seseorang.

Akibat dari anemia adalah transportasi sel darah merah akan terganggu dan jaringan tubuh si penderita anemia akan mengalami kekurangan oksigen guna menghasilkan energi. Maka, tidak mengherankan jika gejala anemia adalah merasa cepat lelah, pucat, gelisah, dan terkadang sesak. Serta ditandai dengan warna pucat di beberapa bagian tubuh seperti lidah dan kelopak mata.

Penyebab umum dari anemia antara lain; kekurangan zat besi, perdarahan usus, perdarahan, genetik, kekurangan vitamin B12, kekurangan asam folat, gangguan sumsum tulang.

 Ciri-Ciri Anemia

Ciri-ciri Anemia


Kenali gejala dan ciri-ciri anemia sejak dini. Berikut adalah beberapa tanda-tanda anemia

1. Kelopak Mata Pucat


Sangat mudah untuk mendeteksi anemia dengan melihat mata. Ketika Anda meregangkan kelopak mata dan memperhatikan bagian bawah mata, Anda akan melihat bagian dalam kelopak mata berwarna pucat.

2. Sering Kelelahan


Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu selama satu bulan atau lebih, bisa jadi Anda memiliki jumlah sel darah merah yang kurang. Pasokan energi tubuh sangat bergantung pada oksidasi dan sel darah merah. Semakin rendah sel darah merah, tingkat oksidasi dalam tubuh semakin berkurang.

3. Sering Mual


Mereka yang menderita anemia seringkali mengalami gejala morning sickness atau mual segera setelah mereka bangun dari tempat tidur. Hal ini disebabkan oleh tidak seimbangnay keadaan tubuh karena kurang sel darah merah.

4. Sakit kepala


Orang yang mengalami anemia sering mengalami sakit kepala yang terus-menerus. Kekurangan darah merah membuat otak kekurangan oksigen. Hal inilah yang kemudian menyebabkan sakit kepala.

5. Ujung Jari Pucat


Ketika Anda menekan ujung jari, daerah itu akan berubah jadi merah. Tetapi, jika Anda mengalami anemia, ujung jari Anda akan menjadi putih atau pucat. Jelas hal ini menunjukkan bahwa anda kekurangan seld arah merah.

6. Sesak napas


Jumlah darah yang kurang menurunkan tingkat oksigen dalam tubuh. Hal ini membuat penderita anemia sering merasa sesak napas atau sering terengah-engah ketika melakukan aktivitas ringan, bahkan ketika berjalan kaki.

7. Denyut Jantung Tidak Teratur


Palpitasi adalah istilah medis untuk denyut jantung tidak teratur, terlalu kuat atau memiliki kecepatan abnormal. Ketika tubuh mengalami kekurangan oksigen, denyut jantung meningkat. Hal ini menyebabkan jantung berdebar lebih cepat dan tidak teratur.

8. Wajah Pucat


Kenali gejala dan ciri-ciri anemia sejak dini lewat wajah. Jika Anda mengalami anemia, wajah Anda akan terlihat pucat. Kulit juga akan menjadi putih kekuningan khususnya telapak tangan.

9. Rambut rontok


Rambut rontok bisa menjadi gejala anemia. Ketika kulit kepala tidak mendapatkan makanan yang cukup dari tubuh, Anda akan mengalami penipisan rambut dengan cepat.

10. Menurunnya Kekebalan Tubuh


Ketika tubuh Anda memiliki energi yang sedikit, kekebalan atau daya tahan tubuh untuk melawan penyakit ikut menurun. Anda akan mudah jatuh sakit atau kelelahan.



Anemia terjadi karena tubuh memproduksi terlalu sedikit sel darah merah, tubuh juga kehilangan terlalu banyak sel darah merah atau mematikan sel darah merah lebih banyak daripada menggantinya.

Beberapa faktor yang mungkin meningkatkan peluang terjadinya anemia antara lain:

  •     Rendahnya asupan gizi pada makanan.
  •     Gangguan kesehatan usus kecil atau operasi yang berkenaan dengan usus kecil.
  •     Menstruasi.
  •     Kehamilan.
  •     Kondisi kronis seperti kanker, gagal ginjal atau kegagalan hati.
  •     Faktor keturunan.


Cara Mengatasi Anemia


Anemia adalah penyakit yang banyak jenisnya. Ada anemia yang tidak bisa dicegah. Namun, tidak ada salahnya melakukan berbagai pencegahan untuk anemia.

1. Zat besi
Makan-makanan yang mengandung zat besi dapat mencegah timbulnya anemia. Dapat ditemukan pada daging. Jenis lain adalah kacang, sayuran berwana hijau gelap, buah yang dikeringkan, dan lain-lain.

2. Folat
Dapat ditemukan pada jeruk, pisang, sayuran berwarna hijau gelap, kacang-kavangan, sereal dan pasta.

3. Vitamin B-12

Vitamin ini banyak terdapat pada daging dan susu.

4. Vitamin C


Vitamin C membantu penyerapan zat besi. Makanan yang mengandung vitamin C antara lain jeruk, melon dan buah beri.

Lihat juga Cara Menghilangkan Komedo

Kenali gejala dan ciri-ciri anemia sejak dini. kelihatannya anemia memang sepele, namun tidak bisa disepelekan dan jangan sampai diabaikan. Salam Sehat.

Kenali Gejala dan Ciri-Ciri Anemia Sejak Dini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iruka Danishwara

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.