Kenali Gejala Varises dan Cara Menghilangkannya

Varises adalah penyakit pada kulit yang menyerang area kaki, terutama pangkal paha dan betis. Dalam istilah medis varises dikenal sebagai pembuluh darah balik atau vena yang merupakan sebuah alat dalam tubuh untuk mengembalikan darah sisa olah metabolisme yang berasal dari seluruh jaringan dalam tubuh menuju ke jantung kembali.

Bagaimana Cara Menghilangkan Varises? Varises bisa terjadi pada siapa saja dan cenderung mengakibatkan terjadinya penyumbatan sirkulasi darah pada area disekitar tungkai kaki dan betis ketika dipaksa menahan bobot seluruh badan akibat terlalu lama berdiri dan berjalan tegak, hingga membuat tekanan darah pada vena bagian bawah meningkat. Varises juga mampu mengurangi rasa percaya diri Anda, sama halnya seperti panu karena akan menimbulkan guratan tipis di kulit Anda.

Bagaimana gejala varises dan cara mengatasinya? Yuk kita mulai mengenal lebih dalam tentang Varises.


Cara Menghilangkan Varises

Cara Menghilangkan Varises


Gejala Varises


Tidaklah sulit untuk mengenali varises, Anda bisa mengetahuinya dari tanda-tanda yang dikeluarkan oleh penyakit ini, misalnya:

  •     Timbul warna kebiruan yang jelas pada bagian pembuluh darah vena dengan bentuk lebar dan berkelok-kelok.
  •     Pada pusat varises tertentu penderita akan merasakan sakit, nyeri, bengkak, berat, misalnya di betis.
  •     Pada beberapa kasus akan terjadi pembengkakan hingga borok di bagian pergelangan.


Varises akan membuat Anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, maka jangan menganggap varises sebagai gangguan ringan yang hanya merusak secara fisik agar dampaknya tidak terlalu fatal, Anda butuh melakukan penanganan yang benar melalui pengobatan medis serta menerapkan hal-hal yang seharusnya dilakukan.

Penyebab Varises


Perlu Anda ketahui bahwa kerja vena adalah mengalirkan darah dari sisa metabolisme seluruh jaringan tubuh kembali pada jantung. Itu sama saja menejelaskan bahwa vena bekerja melawan gravitasi, tetapi karena keberadaan pembuluh darah vena dekat dengan otot, maka kontraksi otot kaku berdampak positif untuknya, yaitu membantu pengoptimalan proses pembalikkan darah menuju jantung.

Faktor penyebab timbulnya varises


1. Kehamilan

Ketika Anda memasuki fase kehamilan, akan terjadi peningkatan volume darah, dimana aliran darah dari kaki menuju pinggul menjadi berkurang. Sirkulasi yang mengalami perubahan ini baik bagi pertumbuhan janin, tetapi sayangnya kondisi seperti ini juga mempunyai efek samping tersendiri, yakni pembuluh darah akan membesar pada bagian kaki. Perubahan hormon selama kehamilan ini akan berperan baik dalam hal pemulihan varises. Tetapi butuh waktu yang tidak sebentar, biasanya akan memakan waktu kurang lebih selama 3 bulan.

2. Usia

Ketika seseorang memasuki usia yang sudah tidak produktif lagi, pembuluh darah akan meningkat keelastisitasannya sehinga mudah meregang. Selain itu, katup vena juga melemah, sehingga darah yang dialiri menuju jantung malah kembali lagi menyebar ke seluruh jaringan tubuh. Oleh karena itu, terjadilah peregangan akibat tekanan pada pembuluh darah vena sehingga timbulah varises.

Selain itu, beberapa hal yang juga berpotensi melemahkan katup vena dan merubah sirkulasi pada kaki yang pada akhirnya berujung pada timbulnya varises yaitu menopause, estrogen dan progesteron yang terkandung pada pil KB, suntik dan implan.


Bagaimana cara menghilangkan varises?


1. Kurangi Waktu Duduk ataupun Berdiri

Biasanya duduk terlalu lama memicu terjadinya ambeien, tetapi siapa sangka kalau duduk juga berpotensi menimbulkan varises. Saat posisi tubuh terlalu lama dalam posisi duduk ataupun berdiri, kaki akan menopang beban tubuh bagian atas. Untuk itu, apabila Anda telah duduk lama, selingi dengan aktivitas berdiri setidaknya 30 menit.

2. Hindari Pemakaian Heels terlalu sering

Posisi tumit yang rendah ataupun sejajar akan memaksimalkan fungsi otot pada betis untuk bekerja. Tapi, jika setiap harinya Anda dituntut untuk mengenakan heels, alangkah baiknya melakukan peregangan kaki saat jam-jam istirahat, sekaligus melancarkan sirkulasi darah pada kaki.

3. Kontrol Berat Badan dan Asupan Makanan

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat memberi kesempatan pada varises untuk hadir dalam tubuh Anda. Maka dari itu, selalu kontrol berat badan agar masalah ini tidak menghantui Anda. Selain itu, asupan makanan juga perlu diperhatikan, misalnya menjalani diet rendah garam untuk mencegah terjadinya pembengkakan sebagai akibat dari retensi cairan.

4. Olahraga

Rutin berolahraga dapat mengurangi risiko terkena varises. Anda bisa mencoba sekedar berjalan santai setiap sore selama beberapa menit, hal ini dimaksudkan agar sirkulasi darah pada kaki menjadi lancar, tetapi jangan juga terlalu berlebih dalam melaksanakannya.

5. Tinggikan Kaki

Angkatlah kaki ketika santai selama beberapa saat guna mengurangi gaya gravitasi pada vena kaki dan mencegah terjadinya hambatan sirkulasi darah. Anda dapat menyandarkan kaki Anda ke tembok selama beberapa menit dalam posisi tidur terlentang, dengan begitu mampu memperlancar sirkulasi darah Anda.

Lihat Juga Cara mengobati Anemia

Cara di atas dapat mengurangi kerentanan pembuluh darah vena pada kaki mengalami peregangan yang akhirnya berpotensi menimbulkan varises. Kenali Gejala Varises dan Cara Menghilangkannya, sedini mungkin Anda dapat memperhatikan apa yang terjadi pada tubuh Anda sendiri, varises bisa menjadi sebuah ancaman jika Anda menganggapnya sepele.

Kenali Gejala Varises dan Cara Menghilangkannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iruka Danishwara

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.