Makanan Pembantu Tidur Nyenyak

Bagaimana agar tidur nyenyak? Dikarenakan gaya hidup, pekerjaan, dan stres, banyak orang yang mengalami gangguan tidur. Gangguan tidur yang kronis, atau yang disebut dengan insomnia, diartikan sebagai ketidakmampuan seseorang untuk bisa tidur atau bisa tetap tertidur cukup lama dan bisa merasakan manfaat beristirahat.

Gangguan tidur ini dapat mempengaruhi semua kelompok umur, namun lebih dominan pada orang tua di atas usia 60 tahun. Sedangkan Wanita lebih mungkin menderita gangguan tidur, jika dibandingkan dengan laki-laki. Gangguan tidur ini biasanya tidak menjadi utama yang diperhatikan pada anak-anak, tetapi jika terjadi itu bisa disebabkan oleh kondisi yang tidak diketahui atau mencakup masalah genetik.

Gangguan tidur kronis atau insomnia yang terjadi adalah sebagai gejala dari kondisi yang mendasarinya. Jika gangguan tidur tersebut tidak terkait dengan kondisi medis atau gangguan kejiwaan, penderita bisa mencari tindakan-tindakan pengobatan non farmakologis. Beberapa orang biasanya memutuskan untuk

mengkonsumsi obat tidur agar bisa tidur dengan baik, namun ternyata efek samping dari obat tidur tersebut kurang baik. Ada cara lain agar Anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik, yaitu dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Apa saja makanan yang bisa membantu menuntaskan masalah tidur Anda?

Makanan Pembantu Tidur Nyenyak

 Makanan Pembantu Tidur Nyenyak


1. Buah Ceri
Semua orang mungkin tahu makanan apa saja yang lebih sehat, namun mungkin tidak banyak orang yang mengetahui beberapa makanan yang baik untuk kondisi medis tertentu. Studi penelitian menunjukkan bahwa nutrisi tertentu bisa efektif sebagai obat alami untuk masalah gangguan tidur. Buah Ceri adalah buah yang kaya akan melatonin. Disarankan untuk satu cangkir jus ceri, atau sekitar seperdelapan cangkir untuk ceri kering.

Melatonin merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal dalam tubuh kita, yaitu sebuah kelenjar kecil yang berada di otak yang bertugas mengontrol siklus tidur dan bangun kita. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam sebuah jurnal menyimpulkan bahwa melatonin dalam dosis kecil(sekitar 0,3 miligram) bisa membantu penderita insomnia untuk bisa tidur malam yang lebih baik.

2. Magnesium
Seorang penulis dan herbalis merekomendasikan bahwa sumber makanan yang kaya akan kalsium dan magnesium, seperti sayuran berdaun hijau, kacang almond, buah ara, dan sayuran laut dapat meringankan gejala gangguan tidur.

Gejala utama dari penyakit insomnia adalah kekurangan magnesium, yang terkait dengan seringnya terbangun pada malam hari. Dalam penelitian yang dilakukan oleh James Penland di Pusat Penelitian Nutrisi Manusia di North Dakota, hal itu terbukti bahwa diet tinggi magnesium bisa dikaitkan dengan pola tidur yang lebih dalam.

3. Makanan dengan Kalsium

Tanpa disadari, kadar kalsium dalam tubuh secara langsung juga berhubungan dengan siklus tidur, menurut Dr William Sears, kalsium membantu otak menggunakan asam amino triptofan untuk membuat tidur.Merangsang zat melatonin. Tryptophan adalah prekursor tidur yang merangsang serotonin dan melatonin. Makan makanan yang mengandung zat ini, dan zat ini akan menyediakannya untuk otak, dan membantu membuat Anda mengantuk. Dr Sears juga merekomendasikan produk susu sebagai sumber yang kaya akan kalsium. Jadi, minum susu hangat jika Anda merasa sulit tidur.

Lihat Juga Mengenal Gejala Stres

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa obat-obatan tertentu bisa menyebabkan sulit tidur di malam hari. Sebaiknya tidak makan atau minum pada saat menjelang tidur untuk mengatasi gangguan tidur dan buang air kecil. Kafein juga sebaiknya tidak dikonsumsi, karena bisa bekerja sebagai stimulan dan membuat Anda semakin kesulitan tidur.

Makanan Pembantu Tidur Nyenyak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.