Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan

Apa itu Teh oolong?Anda pasti pernah mendengar teh oolong. Ya, belakangan ini nama teh oolong sangatlah populer di kalangan masyarakat. Teh Oolong adalah jenis teh tradisional asal Tionghoa. Rasa serta aroma dari teh oolong ini terbilang cukup bervariasi. Penyeduhan teh oolong yang baik akan menghasilkan rasa pasit namun mampu memberikan rasa manis saat diminum. Teh Oolong ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Teh asal Tionghoa ini ternyata menyimpan banyak manfaat. Apa saja manfaat teh oolong untuk kesehatan?

Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan

Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan

1. Melawan radikal bebas

Senyawa polifenol yang ada dalam teh berperan melawan radikal bebas di dalam tubuh, sehingga apabila Anda mengkonsumsi teh oolong secara rutin, maka efektif mengurangi potensi senyawa radikal bebas yang akan memicu timbulnya berbagai penyakit serius seperti stroke, kanker, degenerasi syaraf, hingga diabetes.

2. Mengontrol berat badan

Selain itu, senyawa polifenol yang terkandung dalam teh oolong juga ternyata mampu mengontrol metabolisme lemak di dalam tubuh. Senyawa ini dapat mengaktifkan enzim tertentu yang kemudian meningkatkan fungsi sel-sel lemak secara otomatis. Dengan mengkonsumsi teh oolong secara rutin diklaim mampu mengurangi resiko terkena obesitas.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam teh oolong mampu menjaga kesehatan tulang. Sejumlah studi menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi teh oolong akan memberikan dampak positif jangka panjang terutama terhadap kepadatan mineral tulang.

4. Menjaga kesehatan kulit

Apabila Anda mengkonsumsi 3 buah cangkir teh oolong setiap harinya, akan memberikan dampak signifikan pada kulit. Selain itu, polifenol yang terdapat di dalam teh oolong dapat berperan sebagai senyawa anti-alergi yang dapat mengatasi iritasi dan masalah kulit.

5. Mencegah kanker ovarium

Wanita yang rutin meminum teh, termasuk teh hijau, teh hitam hingga teh oolong diketahui cenderung berisiko rendah terkena kanker ovarium. Sehingga Anda bisa mulai membiasakan diri untuk rutin mengkonsumsi teh oolong. Dengan mengkonsumsi 2 cangkir atau lebih setiap harinya diklaim mampu mengurangi resiko terkena kanker ovarium.

6. Mengontrol Kadar Gula di Dalam Darah

Teh Oolong biasa dikonsumsi sebagai minuman herbal untuk mengobati diabetes tipe 2. Memang faktanya teh oolong mampu mengatur kadar gula darah serta insulin di dalam tubuh. Sebuah riset menunjukkan bahwa dengan mengkombinasikan teh oolong dan obat hiperglikemik dapat mencegah penurunan kadar gula darah.

7. Meredakan Stres

Sebuah riset di Jepang di mana dilakukan pada tikus yang diberikan teh oolong menyatakan terjadinya perbaikan terhadap tingkat stress sebanyak 10 sampai 18 persen. Hal ini dikarenakan senyawa alami polifenol yang terkandung di dalam teh oolong dapat mengurangi stress.

8. Meningkatkan kewaspadaan dan kinerja mental

Konsumsi teh oolong atau minuman yang mengandung kafein lainnya dapat menjaga tingkat kewaspadaan serta kinerja mental seseorang. Dengan mengkombinasikan kafein dengan gula dipercaya mampu meningkatkan kinerja mental yang lebih baik ketimbang hanya menggunakan kafein atau gula saja.

Lihat Juga Khasiat Buah Nanas

Itulah Khasiat teh oolong untuk kesehatan, baik untuk pria maupun wanita, teh oolong baik untuk kesehatan Anda. Biasakanlah minum teh setiap hari, namun jangan lupa untuk tetap menjaga asupan air putih Anda.

Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.