Olahraga Tepat Untuk Ibu Hamil Tiap Trimester

Seperti apa Olahraga Untuk Ibu Hamil? Ibu hamil identik dengan mengurangi kegiatan demi menjaga kehamilannya, namun jangan salah, ibu hamil juga membutuhkan olahraga untuk menjaga keseimbangan tubuhnya. Karena sebenarnya 'tidak melakukan apa-apa' selama masa kehamilan juga kurang baik untuk sang ibu hamil. Olahraga tetap harus dilakukan, agar kehamilan ini menjadi sehat dan aman, seperti Senam untuk ibu hamil. Olahraga yang dilakukan tentunya olahraga khusus yang tidak memberatkan si ibu hamil. Dan tentunya juga, masa kehamilan setiap bulan pastilah berbeda-beda, maka olahraga di trimester pertama, kedua dan ketiga tentulah berbeda juga.

Selama masa kehamilan, tubuh ibu pasti mengalami perubahan fisiologis secara besar-besaran. Perubahan ini tidak menetap, dan yang harus diingat adalah harus mengikuti program olahraga yang dirancang dan direncanakan dengan hati-hati. Olahraga ringan memiliki banyak manfaat selama dan setelah kehamilan. Apa saja olahraga yang disarankan untuk ibu hamil?


Olahraga Selama Masa Kehamilan Tiap Trimester

Olahraga untuk ibu hamil


Olahraga ibu hamil akan mengurangi resiko sakit punggung saat hamil, ketegangan otot, sembelit, dan mencegah stres pada sistem muskuloskeletal. Hal ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama kehamilan dan selama persalinan. Olahraga membuat otot menjadi fleksibel dan kuat, yang memberikan postur yang baik bagi tubuh. Sebelum Anda memulai olahraga, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter, supaya mendapatkan nasihat mengenai olahraga yang cocok atau sesuai dengan riwayat kesehatan Anda.


1. Olahraga Trimester Pertama Kehamilan

Ketika trimester pertama, perubahan tubuh masih sangat sedikit, hingga pada beberapa ibu mungkin belum terlihat kehamilannya. Ini adalah waktu yang sangat tepat untuk memulai olahraga. Tujuan utama melakukan olahraga adalah agar Anda bisa tidur nyenyak, memberikan cukup endorfin, persalinan yang mudah, dan membuat Anda merasa lebih baik. Makanan untuk Trimester Pertama kehamilan juga perlu diperhatikan;

a. Latihan aerobik

 Latihan yang meningkatkan detak jantung dan jalannya pernapasan adalah latihan aerobik seperti jalan cepat dan berenang. Latihan jenis ini meningkatkan pemanfaatan oksigen dalam tubuh, meningkatkan sirkulasi darah kepada janin, meningkatkan kekuatan otot, dan membakar kalori.

b. Berenang

Berenang akan memberikan latihan untuk bagian kardiovaskular pada daerah yang bebas gravitasi yang mengurangi nyeri sendi. Pada trimester pertama, berenang tiga kali selama dua puluh menit setiap minggu sudah cukup untuk menjaga bentuk tubuh Anda .

c. Berjalan

Untuk melakukan olahraga berjalan, ibu hamil harus mempergunakan sepatu yang tepat, yaitu yang mampu mendukung kaki Anda dengan baik. Hindari tubuh Anda kepanasan, jadi jangan berjalan kaki ketika cuaca panas dan lembab.

d. Latihan Kegel

Latihan Ini bermanfaat untuk memperkuat dan mengencangkan otot-otot dasar panggul. Olahraga ini juga membantu mempersiapkan otot-otot untuk persalinan, juga membantu mendapatkan bentuk tubuh kembali seperti sediakala setelah melahirkan.

e. Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi yang terbaik adalah untuk menyingkirkan stres dan ketegangan, yaitu dengan cara fokus pada pernapasan yang membuat Anda merasa lebih baik. Yoga untuk ibu hamil akan memberikan ketenangan pikiran dan tubuh.


2. Olahraga Trimester Kedua Kehamilan

Olahraga yang dilakukan selama trimester kedua ini untuk membuat ibu hamil tetap berenergi, serta bisa tidur dengan lebih baik. Senam kehamilan harus dilakukan dengan lambat dan mantap, jangan lupa Anda harus beristirahat atau bersantai disela-sela waktu olahraga jika merasa lelah. Tetap harus memperhatikan denyut jantung, yaitu harus kurang dari enam puluh persen. Olahraga yang bisa Anda lakukan selama Trimester Kedua Kehamilan;

a. Latihan Beban

Latihan beban harus dilakukan oleh ibu hamil selama bulan keempat hingga keenam kehamilan untuk menghindari pusing dan cedera pada perut. Latihan-latihan ini harus dilakukan dalam posisi duduk.

b. Jogging, Berjalan, dan Berenang

Apabila Anda suka jogging, Anda tetap bisa melakukannya ketika hamil, tetapi dengan kecepatan yang sangat lambat. Selama bulan keempat, rahim sudah membesar dan ada pergeseran pusat gravitasi, sehingga tubuh akan cenderung kehilangan keseimbangannya. Jadi, pastikan bahwa Anda jogging di tanah yang datar. Dari mulai bulan kelima dan seterusnya, lebih baik lagi jika Anda berjalan kaki, bukannya berlari. Jika Anda adalah seorang perenang, maka Anda masih bisa melanjutkan berenang di trimester kedua, tapi dengan cara yang sangat lambat dan lembut. Lakukan dengan Aman dan jangan memaksakan diri.

c. Yoga dan Relaksasi

Anda harus terus melakukan yoga pada trimester kedua ini. Sejalan dengan pertumbuhan janin dalam tubuh Anda. Jadi, saatnya untuk mulai berkonsentrasi pada napas dan postur tubuh. Lebih baik untuk mengikuti kelas yoga untuk wanita hamil untuk mendapatkan manfaat lebih.



3. Olahraga Trimester Ketiga Kehamilan

Setelah memasuki trimester ketiga kehamilan, saatnya untuk memperlambat aktivitas dan latihan serta Anda harus lebih berhati-hati dengan gerakan dan postur. Jika Anda masih merasa nyaman, Anda mungkin masih bisa melanjutkan berjalan, jogging dan yoga, tapi harus menghentikan latihan beban. Jangan melakukan olahraga atau latihan yang mengharuskan berbaring telentang, karena mungkin akan memberikan penekanan pada pembuluh darah. Anda dapat melakukan aktivitas harian walau akan terasa sedikit lebih berat dari biasanya. Usahakan jangan bepergian sendiri, serta jangan lupa membawa air mineral untuk mencegah dehidrasi. Tidak perlu Anda melakukan olahraga berat, karena akan membuat Anda cepat lelah, kurangi waktu olahraga Anda.

 Lihat Juga Cara Menghitung Usia Kehamilan

Manfaat Senam Hamil merupakan suatu keharusan agar bisa mendapatkan tidur yang baik di malam hari. Olahraga juga adalah suatu keharusan selama kehamilan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar sebelum dan setelah melahirkan. Pastikan bahwa Anda sudah berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai olahraga pada setiap trimester, karena dokter orang yang terbaik untuk memandu Anda berdasarkan riwayat kesehatan Anda. Segera berkunjung ke dokter jika Anda merasa tidak nyaman saat berolahraga.

Olahraga Tepat Untuk Ibu Hamil Tiap Trimester Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.