Tips Cepat Hamil Bagi Orang Gemuk

Pernah dengar mitos kehamilan tentang orang gemuk susah hamil? Ya, obesitas memang ada hubungannya dengan kehamilan. Menurut sebuah buletin ICMR, sekitar 10 persen dari pasangan kesulitan memperoleh keturunan bisa dipengaruhi oleh infertilitas karena obesitas. Jika Anda memiliki masalah dengan berat badan atau obesitas dan sedang merencanakan kehamilan, alangkah baiknya jika Anda membuat berat badan adalah prioritas utama dalam tahap perencanaan kehamilan Anda. Obesitas atau kelebihan berat badan tidak hanya membuat kehamilan sebagai tantangan, tapi juga bisa menjadi sebuah rintangan untuk konsepsi.

orang gemuk susah hamil

Tips Cepat Hamil Bagi Orang Gemuk


Beberapa hubungan antara Kegemukan dengan Kehamilan:

a. Meningkatkan risiko infertilitas/kemandulan

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan salah satu penyebab utama yang mempengaruhi ovulasi dan kesuburan, yaitu dengan mengubah pola hormonal yang normal pada wanita. Hal ini berujung pada pengaruh fungsi normal dari ovarium, yang menimbulkan siklus menstruasi jarang atau tidak teratur, sehingga mengganggu fase ovulasi normal. Penumpukan lemak pada perut seorang wanita juga dikenal akan menghasilkan hormon pria yang mencegah maturisation folikel dan menghasilkan anovulasi (penurunan ovulasi).

b. Membuat pengobatan kesuburan tak sukses

Pengobatan infertilitas pada wanita gemuk memiliki tingkat keberhasilan yang lebih rendah, daripada yang dilakukan pada wanita dengan berat badan wajar atau standar. Maka, demi kesuksesan pengobatan infertilitas Anda, baiknya Anda menghilangkan kelebihan berat badan mulai sekarang.

c. Meningkatkan kemungkinan keguguran

Meskipun kemungkinan besar bisa hamil, berat badan berlebih bisa memberikan resiko bagi bayi yang dikandung. Obesitas meningkatkan hingga tiga kali lipat kemungkinan kematian janin dalam kandungan dan keguguran. Keguguran pada wanita obesitas bisa membuatnya kesulitan untuk bisa hamil yang kedua kalinya.

d.Dapat menyebabkan PCOS

Kelebihan berat badan atau obesitas bisa menyebabkan kelebihan produksi insulin yang juga bisa menyebabkan ovulasi yang tidak teratur. Adanya hubungan antara kelebihan berat badan, produksi insulin berlebih, dan kondisi infertilitas yang dikenal sebagai sebutan sindrom ovarium polikistik (PCOS). PCOS adalah kondisi medis tertentu yang terkait dengan siklus menstruasi yang tidak teratur, anovulasi (berkurang atau berhenti ovulasi), obesitas, dan peningkatan kadar hormon laki-laki.

e.Masalah yang berkaitan dengan gaya hidup lain

Pada umumnya, orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan juga memiliki kondisi terkait gaya hidup seperti tekanan darah tinggi, diabetes, serat kolesterol yang tinggi. Semua masalah kesehatan ini semakin membuat kehamilan menjadi tantangan yang besar bagi wanita dengan ukuran lingkar pinggang yang lebih besar.


Cara Cepat Hamil Bagi Orang Gemuk


a. Menurunkan berat badan sebelum merencanakan kehamilan

Anda pasti menyadari apakah Anda adalah orang dengan obesitas atau tidak. Karena berat badan ideal bisa dihitung sesuai dengan tinggi dan usia Anda. Dan apabila Anda merasa memiliki kelebihan berat badan, cobalah mengontrol berat badan Anda. Penurunan berat badan hingga 15 persen juga bisa membantu Anda mendapatkan kehamilan tanpa bantuan pengobatan atau obat-obatan. Wanita dengan PCOD pun bisa hamil jika mereka memiliki kontrol pada berat badan dengan baik, maka wanita dengan PCOD tidak akan memerlukan obat-obatan untuk hamil dan juga akan menjalani masa kehamilan dengan lancar. Jalan cepat, latihan aerobik dan olahraga air merupakan beberapa latihan yang bisa dipilih oleh pemula, berdampak rendah  namun bisa membawa hasil dengan segera.

b. Diet seimbang

Anda tidak perlu melewatkan sarapan, makan siang, dan makan malam. Termasuk juga dua makanan ringan di antara waktu makan. Hal utama yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi asupan makanan atau minuman yang mengandung kadar gula dan lemak yang tinggi, dan mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan, sayuran berdaun hijau, serta kacang-kacangan.

c. Berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan

Apabila Anda sudah mencoba banyak cara, serta sudah mengikuti program menurunkan berat badan dan perubahan diet, lanjutkan program Anda dengan disiplin mengunjungi spesialis kandungan untuk memeriksakan status kesehatan dan kemungkinan kehamilan Anda.

d. Periksa kesehatan pasangan Anda

Meskipun obesitas atau kelebihan berat badan bisa mempengaruhi cara pembuahan Anda, namun jangan lupa bahwa status kesehatan pasangan atau suami Anda adalah sama pentingnya ketika berbicara mengenai merencanakan kehamilan.

Lihat Juga Cara Mengecilkan Perut Buncit

Apabila pasangan Anda menderita kondisi yang sama seperti Anda, yaitu kelebihan berat badan, Anda bisa meminta atau merencanakan diet bersama untuk menurunkan berat badan. Selain itu Anda bisa berkonsultasi dengan spesialis, serta mengikuti perubahan gaya hidup yang sehat demi mendapatan peluang untuk kehamilan Anda.


Tips Cepat Hamil Bagi Orang Gemuk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.