Jenis dan Efek Samping Pil KB

Apa efek samping pil kb? Keluarga Berencana atau KB memiliki tagline 'dua anak cukup'. Ya, setiap pasangan yang sudah maupun baru menikah tentunya akan sangat mendambakan akan kehadiran seorang anak dalam sebuah keluarga. Anak akan menambah keharmonisan suatu keluarga, tetapi jika kelahiran yang tidak terkontrol tentunya akan menimbulkan ledakan penduduk. Oleh karena itu pemerintah lancar mensosialisasikan gerakan dua anak cukup melalui program keluarga berencana. Progam tersebut ditujukan untuk menekan laju pertumbuhan penduduk yang tergolong tinggi.

Namun, ada kalanya para wanita yang sudah menikah masih kesulitan dan bingung dalam menentukan jenis KB apa yang cocok untuk digunakan. Banyak pilihan yang tersedia, seperti Pil KB (kontrasepsi oral) yang mengandung hormon dalam bentuk kombinasi progestin dengan esterogen atau hanya progestin saja.
Sebelumnya perlu dilakukan adanya pemeriksaan fisik terlebih dahulu dengan begitu dapat terdeteksi apakah ada penyakit atau tidak. Perlu pengawasan dari dokter serta pengecekan secara teratur setiap 3 bulan sekali selama pemakaian untuk melihat kondisi si pengguna.

efek samping pil KB

Jenis Pil KB

Ada beberapa jenis pil KB, yaitu :

1. Pil KB Kombinasi

Pil ini mengandung kombinasi derivat esterogen dan derivat progestin. Dosis dalam pil ini juga dibedakan dalam dua jenis, yaitu:

  •     Pil dosis tinggi berisi 50 Mcg yang memiliki kandungan esterogen 50-150 mcg dan progesteron 1-10 Mg.
  •     Pil dosis rendah besisi 30 cmg yang mengandung 30-50 mcg dengan estrogen dan kurang dari 1 mg progesteron.

2. Pil Mini

Pil ini mengandung homon progesteron saja.

3. Pil KB darurat

Pil ini berbeda dengan jenis pil yang lainnya yang diminum secara teratur karena pil ini hanya diminum setelah berhubungan intim tanpa pelindung. Pil ini hanya bertujuan untuk mencegah pertemuan sel telur dan sel sperma sehingga tidak terjadi pembuahan.

Pil KB ini tidak diperuntukkan untuk wanita yang merokok dan berusia di atas 35 tahun, memiliki penyakit hati aktif ataupun tumor, memiliki kadar trigliserida tinggi, penderita tekanan darah ini yang tidak diobati, tungkai yang sedang di gips, penderita jantung, pernah menderita stroke, menderita penyakit kuning saat hamil, penderita kanker payudara atau kanker rahim.

Selain itu penggunaan pil KB oleh ibu yang sedang menyusui juga akan berpengaruh pada jumlah air susu yang berkurang serta berkurangnya jumlah kandungan zat lemak dan protein pada air susu. Oleh karena itu dianjurkan untuk menggunakan pil yang hanya mengandung progestin saja untuk ibu yang sedang menyusui.


Efek Samping Pil KB

Penggunaan pil KB juga tidak terlepas dari efek samping seperti : pendarahan yang tidak teratur, tidak mengalami menstruasi selama beberapa bulan setelah berhenti menggunakan pil KB, ada rasa mual, nyeri pada payudara, perut kembung, serta peningkatan tekanan darah.

Efek samping yang ada hubungannya dengan progestin adalah berat badan yang semakin bertambah, munculnya jerawat serta mudah cemas.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan dari penggunaan pil KB ini adalah mudah menjadi depresi dan kesulitan tidur, munculnya bercak-bercak gelap pada wajah, dan beresiko terhadap kanker rahim terutama untuk penggunaan lebih dari 5 tahun.

Lihat Juga Mengobati Sakit kepala Dengan Alami

Oleh karena itu lebih baik kenali terlebih dahulu jenis KB yang akan digunakan agar tidak mengalami Efek Samping Pil KB yang berlebihan, konsultasikan dengan dokter ahli sebelum menggunakannya.

Jenis dan Efek Samping Pil KB Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.