Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

Bagaimana Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar? Berapa kali Anda menyikat gigi dalam satu hari? Sebagian besar orang, menyikat gigi mungkin hanya sekedar rutinitas sebagai sesuatu yang kita pelajari sejak kecil. Namun, berapa banyak orang yang menyadari bagaimana seharusnya menyikat gigi yang benar. Menyikat gigi dengan benar tidak hanya penting untuk kesehatan gigi dan napas yang segar, namun juga esensial apabila Anda tidak ingin berhubungan terlalu sering dengan dokter gigi.

Jadi, sikatlah gigi Anda dengan beberapa tips berikut

Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

Cara Menyikat Gigi yang Benar

1. Sikat gigi yang tepat

Menyikat gigi dengan baik butuh sikat gigi yang baik juga. Memilih jenis sikat gigi yang tepat untuk mulut Anda. Hal ini karena apabila Anda harus membuka mulut untuk menjangkau area tertentu, namun sikat gigi Anda terlalu besar tentu akan menjadi masalah. Jangan juga berasumsi bahwa bulu sikat yang keras lebih baik, Asosiasi Dental Amerika merekomendasikan bulu sikat yang lembut.

2. Jangan memakai sikat gigi terlalu lama

Bulu sikat yang mulai patah atau tak beraturan tidak akan membersihkan gigi Anda dengan baik, selain itu sikat gigi yang dipakai terlalu lama juga menjadi sarang bakteri. Maka, gantilah sikat gigi Anda secara regular. Rekomendasi waktu untuk mengganti sikat gigi Anda adalah per 3 bulan sekali.

3. Sikat gigi 2 kali sehari

Berapa kali Anda menyikat gigi dalam sehari? Minimal menyikat gigi adalah 2 kali sehari, yakni sekali sebelum sarapan pagi dan sekali lagi pada malam hari menjelang tidur. Setiap kali Anda menyikat, Anda harus menyikatnya kurang lebih selama 3-4 menit. Apabila Anda terlalu sering menyikat gigi, maka dikhawatirkan akan menurunkan kualitas enamel gigi Anda.

4. Gunakan sikat lembut

Hal penting lainnyayang harus Anda perhatikan saat menyikat gigi adalah menyikatnya dengan lembut. Anda tidak perlu menyikat terlalu keras, karena plak akan mudah datang. Apabila Anda menyikatnya terlalu keras, akan merusak enamel dan gusi anda.

5. Sikat secara menyeluruh

Menyikat gigi selama 3-4 menit, jangan hanya terkosentrasi pada gigi depan yang biasa dilihat orang. Plak tidak pandang bulu akan menghinggap di bagian mana, jadi pastikan Anda menyikatnya secara keseluruhan, termasuk bagian belakang gigi Anda.

6. Sikat elektrik tidak lebih baik

Apabila Anda menganggap sikat gigi elektrik lebih baik dari manual, tidak selamanya begitu. Sikat gigi elektrik mungkin akan lebih mudah digunakan, namun apapun tipe sikat yang Anda gunakan, pada dasarnya gunakan odol yang baik, sikat menyeluruh, dan teratur.

7. Kaitkan benang flos sebelum menyikat

Mengaitkan benang ke sela-sela gigi adalah hal penting sebelum menyikat, karena akan membuang berbagai plak dan partikel makanan. Namun, jangan terlalu memaksakan menggunakan benang flos (lembut) saat akan membuang sisa-sisa makanan dalam mulut Anda karena akan merusak gusi.

8. Sikat lidah

Tidak hanya gigi yang berpotensi dihinggapi kumpulan bakteri, namun juga lidah Anda. Ketika Anda selesai membersihkan gigi, setelah itu sikat dengan lembut lidah Anda. Selain akan mengusir bakteri, juga akan membuat napas Anda lebih segar.

9. Pakai cairan kumur

Obat kumur sekaligus penyegar mulut (mouthwash) bukan merupakan pengganti penyikat gigi, namun tetap memainkan peran penting. Pakai obat kumur setelah menyikat gigi Anda untuk mencegah kerusakan gigi dan melawan bakteri yang mungkin masih tertinggal di lidah dan gusi Anda yang sulit dijangkau sikat gigi.

10. Bersihkan sikat gigi

Menjaga kebersihan sikat gigi tentu sangat penting. Taruh sikat gigi Anda di mana udara dapat masuk, sehingga selalu kering. Jangan pula meninggalkan sikat gigi di luar kamar mandi atau di tempat yang berpotensi berjamur.

Lihat Juga Cara Membersihkan karang Gigi

Itulah tips cara sikat gigi yang baik dan benar. Kesehatan gigi Anda akan banyak mempengaruhi kesehatan tubuh Anda yang lain, maka jagalah kesehatan gigi Anda.

Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iruka Danishwara

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.