5 Kelebihan Khasiat Susu Kambing Dibanding Susu Sapi

Apa saja Khasiat Susu Kambing? Anda pasti sudah tahu kalau susu adalah salah satu asupan gizi yang paling dianjurkan. Susu selalu disarankan untuk dikonsumsi, bahkan pernah dianggap sebagai penyempurna dari makanan sehat sehari-hari kita. Namun sayangnya penelitian telah menemukan fakta bahwa susu akan menurun kualitas proteinnya secara signifikan ketika sudah dipasteurisasi. Dan susu terbaik adalah yang diambil dari sapi yang cara perawatannya secara organik, yaitu makanannya yang diberikan sebagian besar rumput dan tidak menggunakan antibiotik. Pertanyaannya adalah, apakah mungkin bisa mendapatkan kualitas susu yang sedemikian baik? Ya, susu kambing.Susu kambing masih banyak diperdayakan secara organik.

Jika Anda suka susu, pasti juga sudah tidak asing dengan mengkonsumsi susu kambing, bukan? Apakah manfaat susu kambing lebih baik dari susu sapi? Simak keunggulan susu kambing berikut

5 Manfaat Susu Kambing Dibanding Susu Sapi

Manfaat Susu kambing



1. Membantu pengobatan bermacam penyakit

Anda pasti sudah tahu bahwa susu segar digunakan untuk membantu pengobatan penyakit sejak dari zaman dulu. Susu mentah yang langsung diperah dari sapi telah disebut sebagai “sel induk”  makanan yang digunakan sebagai pengobatan, dan sudah berkali-kali terbukti menyembuhkan beberapa jenis penyakit serius. Dari sejak zaman Hippocrates hingga setelah Perang Dunia II, susu sapi telah banyak kembangkan dan telah membantu menyembuhkan jutaan orang diseluruh dunia. Namun, ternyata susu kambing bekerja lebih baik, ya lebih banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi susu kambing. Walau masih sedikit produk olahan dari susu kambing, namun tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi susu kambing segar.

2. Aman bagi yang alergi susu

Susu kambing bisa menjadi alternatif yang baik bagi orang-orang yang alergi terhadap susu sapi. Susu kambing mengandung 7% lebih sedikit laktosa, dan lebih mudah dicerna daripada susu sapi. Hal ini dikarenakan ukuran molekul lemak dalam susu kambing hanya seperlimanya dari ukuran molekul susu sapi. Susu kambing lebih cepat diserap dan mudah melewati usus besar, sedangkan susu sapi lebih lama bertahan dalam sistem pencernaan, dan susu sapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan reaksi alergi pada beberapa orang. Intoleransi terhadap susu kambing adalah masalah yang sangat jarang. Jadi bagi orang yang alergi, susu kambing mungkin bisa menjadi alternatif supaya tidak ketinggalan mendapat manfaat dari minum susu.

3. Lebih tinggi jumlah kandungan vitamin dan mineral

Susu kambing juga mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang lebih tinggi. Hal ini memiliki sekitar 13% lebih banyak kalsium dan 47% lebih banyak vitamin A daripada susu sapi. Selain itu, susu kambing juga lebih tinggi mengandung kalium, zat besi, dan magnesium, lebih banyak protein, dan rendah karbohidrat. Susu kambing lebih dekat dengan sifat susu manusia, sehingga lebih mudah ditoleransi oleh tubuh manusia juga. Untuk alasan yang satu ini, banyak orang yang menganggap bahwa susu kambing bisa menjadi pilihan yang lebih alami.

4. Tanpa hormon dan antibiotik

Apabila dilihat dari perspektif organik, susu kambing adalah pilihan yang baik, karena sebagian besar peternakan kambing perah masih menggunakan metode yang lebih alami. Kambing umumnya dipelihara secara bebas berkeliaran, yang umumnya masih banyak digembalakan di padang rumput. Jika kambing bebas dan makan banyak rumput, maka mereka tentu sangat sehat dan tidak perlu menggunakan antibiotik. Kebanyakan petani tidak menggunakan hormon seperti halnya hormon pertumbuhan pada sapi.

5. Memperoleh Susu Kambing Segar

Mungkin kelemahan dari susu kambing adalah terletak pada rasa dan aromanya yang mungkin kurang bersahabat dengan Anda. Tapi, produk susu yang berbasis susu kambing mungkin sudah bisa Anda dapatkan sekarang. Produk olahan susu kambing lebih sedikit dikarenakan susu ini masih alami dan dengan begitu Anda memang dianjurkan untuk minum susu yang masih segar agar mendapat manfaat yang lebih besar.

Susu yang dihasilkan dari sapi yang makan rumput sudah dipergunakan sebagai bagian dari pengobatan sejak zaman dulu, dan sudah berkali-kali terbukti khasiatnya. Namun saat ini, susu kambing juga telah mencuat popularitasnya diseluruh dunia.

 Lihat Juga Khasiat susu untuk Kulit wajah

Masyarakat peduli kesehatan meyakini bahwa apapun yang dibuat secara organik akan selalu baik bagi kesehatan, baik dari hasil pertanian seperti sayur maupun peternakan seperti telur, daging, dan susu. Jadi, salah satu kelebihan susu kambing karena kebanyakan kambing masih dipelihara secara tradisional dan organik, maka dianggap bisa menjadi alternatif dari susu sapi yang kini kebanyakan sudah mengadopsi sistem peternakan modern. Jadi, Anda bisa beralih ke susu kambing sekarang.

5 Kelebihan Khasiat Susu Kambing Dibanding Susu Sapi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.