Cara Alami Atasi Keringat yang Berlebihan

Bagaimana Cara Mengatasi Keringat berlebih? Anda pasti tahu bahwa beberapa orang mengalami masalah pada keringatnya. Salah satunya adalah mengalami keringat yang berlebihan. Ya, keringat berlebih tentu membuat sangat tidak nyaman dan memicu penyebab bau badan, apalagi jika Anda dituntut untuk selalu tampil segar dan cantik setiap hari serta harus berhadapan dengan banyak orang. Maka, sebagian orang memang cukup membatasi tipe pakaian yang akan dikenakan, melihat jenis kain dan warna.

Keringat berlebih tidak jarang pula bisa menimbulkan bau badan tidak sedap apabila Anda tidak perhatian. Anda memang bisa membeli deodoran antiperspiran, namun cenderung mengiritasi kulit jika tidak cocok dengan jenis kulit. Selain deodoran, adakah cara alami untuk mengatasi keringat berlebih?

Cara  Mengatasi Keringat Berlebihan

Cara Mengatasi Keringat  Berlebihan

1. Hindari konsumsi alkohol
Jika Anda suka mengkonsumsi alkohol, cobalah untuk mengurangi atau menghindari konsumsi alkohol terlalu banyak. Alkohol bisa menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak adrenalin, yang berujung pada keringat berlebih. Konsumsi alkohol juga akan menyebabkan Anda berkeringat pada pagi harinya, karena tubuh Anda berupaya membuang toksin.

2. Minum banyak air putih
Air putih jelas sebagai penetralisir utama tubuh. Minum banyak air putih juga dapat membantu mengurangi keringat berlebih. Air digunakan tubuh untuk mengatur temperatur tubuh, jadi ketika Anda mengalami dehidrasi, tubuh tetap merasa dingin dan lebih sedikit mengeluarkan keringat. Minumlah air minimal 8 gelas sehari, terutama di saat musim kemarau atau panas.

3. Cuka apel
Salah satu pengobatan alami untuk keringat berlebih adalah cuka apel. Aplikasikan cuka apel di bawah lengan/ketiak Anda, sebelum Anda tidur. Kandungan yang ada dalam cuka apel akan menyeimbangkan PH di kulit, menghentikan pertumbuhan bakteri dan mengurangi keringat pada esok harinya.

4. Tea tree oil
Cara alami mengurangi keringat berlebih juga bisa menggunakan tea tree oil (minyak pohon teh). Minyak pohon teh esensial memiliki astringent alami yang akan mengurangi keringat dan melawan bakteri. Aplikasikan minyak tersebut di bawah lengan/ketiak setiap hari atau dalam beberapa hari.

5. Kurangi konsumsi kafein
Keringat berlebih juga dapat diatasi dengan mengurangi konsumsi kafein. Hal ini karena kafein merupakan stimulan kuat yang akan melepas adrenalin dan membuat Anda berkeringat.

6. Minum jus tomat
Tubuh Anda berkeringat untuk membuang toksin dalam tubuh, jadi dengan mengurangi zat toksin masuk tubuh Anda maka akan mengurangi keringat. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi atau membersihkan toksin tubuh adalah dengan minum jus tomat yang kaya antioksidan alami. Minumlah segelas jus tomat murni setiap hari, hal itu akan mengurangi toksin dalam tubuh dan akan berpengaruh pada berkurangnya keringat Anda.

7. Lemon
Mengaplikasikan lemon di bawah lengan juga merupakan cara yang baik untuk mengurangi keringat berlebih. Potong jeruk lemon cukup separuh dan gosokkan perlahan di bawah lengan/ketiak Anda. Selain akan mengurangi keringat di bawah ketiak, juga membuatnya segar dan terbebas dari bau badan.

8. Garam
Penggunaan garam untuk mengurangi keringat juga menjadi salah satu tips lainnya. Anda bisa menambahkan garam di dalam bak mandi Anda, atau bisa Anda gosokkan garam dengan campuran lemon, untuk antiperspiran atau deodoran alami.

9. Bahan baju alami
Penggunaan bahan baju sintetis, seperti polyester, nylon, dan rayon bisa memicu timbulnya keringat lebih cepat. Maka, pilihlah bahan baju alami, seperti katun atau linen untuk kegiatan sehari-hari karena lebih mudah menyerap keringat dan membuat tubuh tetap terasa dingin.

Lihat Juga Cara Luluran yang Benar

Banyaknya produksi keringat memang sangat mengganggu di momen-momen tertentu, namun penggunaan deodoran jangka panjang bisa membahayakan kesehatan kulit dan kelenjar Anda. Ada baiknya Anda menerapkan cara alami mengurangi keringat yang berlebihan di atas untuk cara yang sehat dan tanpa efek samping buruk.

Cara Alami Atasi Keringat yang Berlebihan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.