Manfaat Olahraga Renang untuk Kesehatan

Apa manfaat Berenang? Salah satu olahraga yang sering dilakukan banyak orang yaitu berenang. Berenang memang sudah menjadi olahraga favorit yang kerap menjadi pilihan teratas. Olahraga renang ini ternyata memiliki banyak manfaat. Selain bisa menjadi ajang rekreasi, berenang juga dapat membantu pertumbuhan. Selain itu, olahraga berenang juga memiliki begitu banyak manfaat lainnya. Simak Manfaat Olahraga Renang


Manfaat Olahraga Renang


manfaat berenang


1. Menyehatkan Jantung

Berenang dapat mengencangkan otot dada, otot trisep serta paha depan, dan ternyata olahraga renang juga dapat membantu meningkatkan otot terpenting di dalam tubuh yaitu jantung. Berenang tidak hanya dapat membantu otot jantung menjadi lebih kuat, namun juga membantu memompa aliran darah menjadi lebih efisien ke seluruh tubuh.
Menurut penelitian yang dilaporkan oleh American Heart Association (AHA), berenang selama 30 menit per harinya dapat membantu mengurangi penyakit jantung koroner sebesar 30 sampai 40 persen.

2. Mengurangi Resiko Diabetes

Apabila Anda berenang selama 30 menit sebanyak 3 kali per minggunya, Anda sudah membakar sekitar 900 kalori serta mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 sebanyak 10 persen.Namun, bila Anda sudah menderita diabetes tipe 1, Anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya berenang ini dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Kemudian, dipercaya dengan melakukan olahraga berenang mampu membantu mengontrol glikemik atau gula darah di dalam tubuh.

3. Memperbaiki kadar kolesterol

Berenang diklaim dapat memperbaiki keseimbangan rasio yang tepat dari kolesterol di dalam tubuh manusia, yaitu rasio seimbang antara kadar kolesterol baik (HDL) dengan kadar kolesterol buruk (LDL).

4. Mengatasi gejala atau serangan asma

Apabila Anda menderita asma dan khawatir berolahraga di luar dengan udara yang panas atau kering dan penuh denagn bahan allergen, maka Anda bisa masuk ke dalam air untuk menghindari serangan asma usai berolahraga. Perlu diketahui bahwa di dalam air yang memiliki kelembaban yang cukup akan membantu Anda terhindar dari serangan asma.

5. Mengontrol Berat Badan

Berenang juga diklaim mampu membantu membakar kalori serta menjaga berat badan. Untuk setiap 10 menit renang gaya dada dapat membakar 60 kalori, gaya punggung 80 kalori, gaya kupu-kupu 150 kalori dan gaya bebas sebanyak 100 kalori. Jadi, Anda suka berenang dengan gaya apa?

6. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Spirit

Renang juga dianggap sebagai olahraga yang menyenangkan. hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang menyukai olahraga ini. Salah satu efek yang ditimbulkan yaitu pelepasan bahan kimia yang membuat seseorang merasa bahagia yaitu Endorfin.
Tidak hanya itu saja, dengan olahraga berenang juga dapat membantu membangkitkan respon relaksasi seperti halnya yoga. Hal ini lantaran adanya peregangan yang konstan serta relaksasi otot yang kemudian dikombinasikan dengan pernapasan berirama dalam.


Lihat Juga Manfaat Sayur Pare

Dewasa ini, sudah banyak tempat renang publik yang dibuka dengan berbagai fasilitas. Anda dapat menghabiskan waktu liburan Anda bersama keluarga atau teman Anda dengan berenang, menjadi salah satu pilihan tepat refreshing sekaligus olahraga yang memberikan banyak manfaat. Manfaat Renang ini menggiurkan, bukan? Masih ragu untuk berenang? Jika Anda belum bsia berenang, kini juga sudah ada pelatih renang yang bisa melatih Anda secara privat. Menyenangkan, bukan?

Manfaat Olahraga Renang untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.