Cara Merawat Behel atau Kawat Gigi

Bagaimana cara Merawat Behel Gigi? Kawat gigi saat ini sedang marak digunakan oleh masyarakat yang ingin memiliki gigi yang rapi dan tertata. Tidak sedikit juga yang memasang kawat gigi hanya untuk sekedar gaya dan untuk memenuhi trend masa kini. Tidak ada masalah dengan alasan memakai kawat gigi ini. Fungsi kawat gigi atau behel gigi ini sebenarnya ialah untuk meratakan gigi dengan cara mendorong dan menahan pergerakan pada gigi. Dengan kawat gigi behel ini sangat baik digunakan untuk memperbaiki penampilan pada estetika wajah, pada saat berbicara dan senyum.

Merawat gigi berbehel, tentu ada masalah jika gigi yang dipasang behel tersebut tidak diperhatikan juga kondisi kesehatannya. Kesehatan pada gigi yang memakai kawat gigi atau behel perlu diperhatikan. Tidak hanya perawatan pada alat-alat yang digunakan, melainkan juga gaya makan atau sebagainya perlu juga diperhatikan. Lebih dari pada itu, juga ada pantangan makanan yang tidak perlu untuk dikonsumsi, salah satu contohnya adalah permen karet.

Untuk itu kesehatan gigi bagi pengguna kawat gigi sangat perlu diperhatikan oleh pengguna kawat gigi itu sendiri.

Cara Merawat Behel Kawat Gigi

Tips Merawat Behel Kawat Gigi

1. Sikat & Pasta Gigi Khusus
Hal ini sangat penting dan juga harus mendengarkan rekomendasi dari doker gigi. Gunakanlah sikat gigi yang khusus untuk orthodontic. Karena sikat ini memiliki bulu yang halus dan baik untuk membersihkan gigi yang berkawat. Untuk pasta gigi, gunakanlah pasta gigi dengan formula yang lengkap dan benar-benar baik untuk gigi berkawat. Pilihlah pasta gigi yang telah direkomendasikan dokter atau pasta gigi yang khusus untuk pengguna gigi berbehel. Lihat cara menyikat gigi yang benar.

2. Obat Kumur
Setelah melakukan sikat gigi seperti biasa dengan alat sikat dan pasta gigi khusus. Sangat dianjurkan untuk membersihkan mulut dan gigi dengan berkumur. Kumurlah dengan obat kumur seperti mouth wash yang berguna sebagai pembersih mulut yang biasa ada dipasaran dan tentunya yang sudah terpercaya.

3. Hindari Permen Karet & Makanan Keras
Tentu Anda sudah paham bahwa permen karet memiliki tekstur yang halus dan mudah melekat pada permukaan dalam mulut. Untuk itu hindari konsumsi permen karet. Untuk makanan yang bertekstur keras sendiri dapat membuat kawat gigi mudah lepas untuk itu potong kecil terlebih dahulu jika ingin makan makanan bertekstur keras seperti buah-buahan atau makanan lainnya juga guna untuk menghindari rasa nyeri yang timbul.

4. Pantangan Lainnya
Makanan yang tidak perlu untuk dikonsumsi agar gigi terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan ialah dengan tidak makan makanan seperti karamel ataupun juga jagung utuh. Untuk minuman yang patut dihindarkan ialah es batu dan juga minuman bersoda. Minuman bersoda memiliki kandungan yang dapat menyebabkan pembentukan plak gigi didalam mulut khususnya sekitar kawat gigi. membersihkan plak gigi.

5. Gunakan Benang Gigi
Kadang pengguna gigi kawat melakukan perawatan yang dirasa lebih rumit dari biasanya. Gunakanlah sikat gigi tambahan yang khusus atau bila perlu menggunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkan sekitaran kawat gigi.

6. Rutin Periksa ke Dokter
Anda sangat dianjurkan untuk rutin memeriksa kondisi terkini gigi kawat Anda. Konsultasikan kondisi gigi kawat ke dokter. Pantau terus perkembangan gigi kawat selama kurang lebih 6 bulan sekali atau 3 bulan sekali lebih baik untuk melakukan check-up.

7. Cara Menyikat Gigi Berbehel

Melakukan perawatan secara baik dan benar ialah dengan melakukan cara sikat yang baik, yaitu dengan menyikat gigi bagian atas dengan menggunakan sikat dan pasta khusus. Mulailah gosok dari arah kanan ke kiri. Sikatlah seperti biasa menyikat gigi, namun hal tersebut perlu dilakukan secara merata dan perlahan agar kawat itu sendiri tidak mudah lepas.

8. Pengguna Baru
Bagi pengguna pemula atau baru dipasangnya kawat gigi, biasanya penggunaan kawat gigi ini dapat menyebabkan timbul rasa sakit seperti sariawan atau juga gigi yang terhimpit selama berhari-hari. Untuk itu, cara tepat mengatasinya ialah dengan membuat air hangat yang telah dicampur dengan satu sendok teh garam. Kumur lah dengan campuran ramuan tersebut. Apabila rasa nyeri dan sakit tidak tertahankan cobalah minum sebutir aspirin.

9. Rajin Sikat Gigi Setelah Makan
Tips yang sangat sederhana adalah selalu membawa perlengkapan perawatan gigi seperti sikat gigi dan pasta kemanapun. Sehingga, setelah makan bisa langsung membersihkannya supaya tidak menempel dan menyangkut pada kawat gigi yang tentu akan membuat mulut lebih bersih dan segar.

Lihat Juga Cara Alami Mengobati Wasir

Demikian sedikit gambaran merawat gigi behel dan behel gigi. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam.


Cara Merawat Behel atau Kawat Gigi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iruka Danishwara

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.