Ubi Jalar, Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Gizi adalah prioritas yang tinggi bagi makanan yang baik untuk ibu hamil, karena ibu hamil juga harus memenuhi kebutuhan untuk pertumbuhan bayinya, termasuk melakukan olahraga bagi ibu hamil. Pada saat sedang hamil mungkin Anda harus menghentikan makan beberapa jenis makanan, dan sebaliknya harus meningkatkan asupan makanan yang lain. Fokuslah hanya pada diet makanan yang alami, yang menyediakan vitamin dan mineral bagi tubuh Anda. Anda pasti familiar dengan ubi jalar. 

Ya, Ubi jalar yang manis dan lezat ini adalah salah satu makanan yang baik dan bermanfaat selama kehamilan, karena memiliki nilai gizi yang tinggi. Apa saja manfaat ubi untuk ibu hamil?

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

makanan yang baik untuk ibu hamil

1. Mengandung vitamin A

Menurut sebuah peenlitian, wanita hamil harus mengkonsumsi setidaknya 700 mikrogram vitamin A per hari. Dan satu cangkir ubi jalar yang dimasak beserta kulitnya mengandung 1.922 mikrogram vitamin A, yaitu hampir 300 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

2. Vitamin C dan Zat Besi

Anda pasti sudah tahu vitamin C sangat penting bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk membantu menyerap zat besi. Zat besi adalah mineral yang sangat penting bagi kesehatan Ibu dan bayi dalam kandungan. The National Institutes of Health merekomendasikan bahwa wanita hamil harus mengkonsumsi 80 sampai 85 miligram vitamin C, dan 27 miligram zat besi setiap hari. 1 Cangkir ubi jalar yang dipanggang bersama kulit mengandung 39,2 miligram vitamin C, yang hampir memenuhi setengah dari kebutuhan perhari yang direkomendasikan. Sementara 1 cangkir juga mengandung 1,38 miligram zat besi.

3. Mengandung Serat

Serat makanan dibutuhkan untuk mendukung kesehatan, terutama sistem pencernaan Anda. Salah satu masalah umum dari kehamilan adalah sembelit. Dengan mengkonsumsi 22-28 gram serat setiap hari, maka Anda akan mengurangi terjadinya masalah pencernaan ini. Wanita hamil harus makan 28-34 gram serat per hari, dan 1 cangkir ubi jalar akan memberikan Anda 6,6 gram serat.

4. Mengandung Kalium/potassium

Orang Dewasa usia mulai 19 tahun keatas termasuk wanita hamil, harus mengkonsumsi 4,7 gram kalium per hari. Sementara Wanita yang sedang menyusui harus meningkatkan asupan potasium menjadi 5,1 gram per hari. Ubi jalar mengandung 950 miligram kalium, sehingga makanan ini sangat bermanfaat bagi kehamilan hingga menyusui.

5. Mengandung Vitamin B – 6

Vitamin B – 6 adalah salah satu vitamin untuk hamil, karena membantu pembentukan sel darah merah serta bisa mencegah mual di pagi hari(morning sickness). The American Pregnancy Association menyarankan mengkonsumsi untuk 1,9 miligram vitamin B – 6 setiap hari. 1 cangkir ubi jalar menyediakan hampir 0,6 miligram vitamin B – 6.

Lihat Juga Cara Mengurangi Rasa Mual Saat Hamil

Jadi, Anda sudah tahu makanan sehat ibu hamil makanan sehat ibu hamil , kan? Ubi jalar tidak sulit untuk ditemui karena banyak dijual di pasaran. Anda jelas bisa mengkonsumsinya setiap hari. Berilah asupan gizi yang cukup untuk kehamilan Anda.

Ubi Jalar, Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.