Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami

Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Jerawat? Bekas jerawat umumnya membuat wanita jadi kurang percaya diri, hingga bermacam cara dilakukan. Menggunakan make up tebal untuk menyamarkannya. Daripada harus memoleskan bedak terus-menerus, bagaimana jika flek bekas jerawat tersebut dihilangkan dengan menggunakan bahan dan cara alami. Bahan-bahan yang umumnya kita jumpai di dapur ternyata memiliki khasiat tinggi untuk urusan yang satu ini, termasuk Lemon, mentimun, minyak zaitun, nanas, tomat, hingga garam dan es batu.

Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami?

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami

cara menghilangkan jerawat

1. Lemon

Apabila Anda memiliki flek bekas jerawat yang berwarna hitam, Anda bisa menggunakan jeruk lemon untuk mengatasinya. Caranya, peras lemon untuk mengambil airnya dan tampung dalam wadah. Bersihkan wajah Anda dengan pembersih wajah. Ambil kapas, celupkan ke dalam air lemon, kemudian oleskan hingga merata pada noda hitam tersebut. Biarkan selama 10 menit, bilas dengan air dingin hingga bersih. Air lemon ini bisa menyebabkan kulit menjadi sensitif, sehingga gunakanlah tabir surya jika beraktifitas di bawah terik matahari.

2. Putih telur

Putih telur juga bermanfaat untuk memudarkan noda bekas jerawat apabila Anda tidak memiliki alergi terhadap telur. Caranya, ambil putih telur, kocok dengan garpu,  lalu oleskan pada wajah secara merata. Biarkan selama satu malam. Anda juga bisa menambahkan putih telur ini dengan beberapa tetes air lemon, tapi tidak harus. Putih telur juga memiliki sifat antiinflamasi atau anti peradangan.

3. Tomat

Tomat mengandung asam alami yang bisa memudarkan flek bekas jerawat, dan melembutkan kulit. Selain dioleskan pada kulit wajah, tomat juga sekaligus bisa di makan atau diminum dalam bentuk buah blender murni. Hal ini karena kandungan vitamin dalam tomat yang tinggi, sehingga bisa menghilangkan noda bekas jerawat dan membantu membatasi produksi sebum yang bisa menyebabkan pori-pori membesar.

4. Mentimun

Mentimun tidak hanya bisa membantu menghilangkan lingkar hitam dibawah mata, tetapi juga memiliki kemampuan memudarkan fleks bekas jerawat Anda. Caranya, iris tipis-tipis mentimun, kemudian tempelkan pada wajah yang sebelumnya sudah dicuci bersih.

5. Nanas

Manfaat Nanas bermanfaat untuk menjaga kelembutan kulit, karena memasok zat kolagen. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan nanas sebagai masker wajah untuk menghilangkan bekas jerawat. Cara membuat masker nanas sangat mudah, kupas kulit nanas, diblender, kemudian bubur nanas ini Anda pergunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin setelah bekerja atau ketika akan istirahat malam, minimal 3 hari sekali.

6. Masker tomat, mentimun, dan kentang

Sayuran ini bisa dipergunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan noda bekas jerawat, karena banyak mengandung senyawa seperti asam alami dan vitamin yang bermanfaat menghaluskan serta menyehatkan kulit. Cara membuat masker ini adalah hanya dengan memblender ketiga jenis buah sayur tersebut, kemudian setelah menjadi bubur/pasta, oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas. Lakukan perawatan ini rutin paling tidak seminggu dua kali untuk memperoleh kulit yang kencang serta bebas noda.

7. Garam dan Madu

Untuk menghilangkan flek bekas jerawat, Anda juga bisa menggunakan bahan alami yaitu garam dan madu. Caranya, ambil garam laut, larutkan dengan sedikit air. Gunakan kapas untuk mengoleskan garam dan air tersebut ke wajah yang ada flek bekas jerawatnya. Biarkan selama 30 menit, kemudian cuci dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin. Setelah itu oleskan madu, dan biarkan selama 20 menit sebelum dibersihkan kembali dengan air .

8. Es Batu

Banyak yang sudah membuktikan keampuhan es batu untuk menghilangkan noda bekas jerawat mereka. Caranya, bungkus es batu dengan kain bersih. Lalu gunakan untuk menggosok daerah wajah yang ada bekas jerawat selama 15 sampai 20 menit. Lakukan setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

9. Baking soda dan minyak zaitun

Baking soda bisa digunakan untuk mengeksofiliasi atau pengelupasan sel kulit mati serta menghilangkan noda bekas jerawat yang membandel. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan baking soda dengan 2 sendok makan air bersih. Kemudian gunakan campuran baking soda dan air tersebut untuk mengolesi wajah sambil menggosok bekas jerawat secara perlahan-lahan. Lakukan langkah ini selama 1 menit, stelah itu bilas dengan air bersih. Setelah pengelupasan dengan baking soda selesai, selanjutnya oleskan minyak zaitun. Langkah ini sangat penting supaya kulit tidak kehilangan kekenyalan atau elastisitasnya, karena manfaat minyak zaitun memiliki manfaat melembabkan dan melembutkan kulit.

Lihat Juga Cara Menghilangkan Komedo

Daripada Anda sibuk memilih menghilangkan flek bekas jerawat dengan merk yang belum tentu cocok di kulit Anda, alangkah baiknya Anda mencoba cara alami menghilangkan bekas jerawat. Selain meminimalisir efek buruk pada wajah Anda, cara alami jelas lebih aman.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Solekhah Nur Hayati Widodo

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.